Ternyata Ini Manfaat Pohon Jati Untuk Lingkungan Hutan

oleh -345 views
Pohon Jati
Foto : Getty Images

Panennews.com – Pohon jati merupakan salah satu jenis pohon hutan penghasil kayu yang cenderung tingg kualitasnya. Biasanya pohon jati mempunyai manfaat untuk kehidupan sebagai bahan baku furniture maupun kerajinan tangan lainnya.

Selain bermanfaat untuk kehidupan manusia, ternyata pohon tersebut juga bermanfaat untuk lingkungan hutan. Manfaat tersebut sangat jarang sekali orang mengetahuinya, adapun manfaat dari pohon jati untuk lingkungan hutan yang diantaranya.

Menjaga Udara Hutan

Keberadaan pohon jati pada hutan-hutan tropis dipercayai bermanfaat untuk menjaga udara hutan. Pasalnya, pohon tersebut akan menyerap dan menguraikan zat-zat pencemaran yang berlebih, sehingga menghasilkan udara yang cenderung menyegarkan. Selain itu, pohon jati juga dapat menyerap karbondioksida yang dipercayai dapat membantu kualitas udara.

Baca Juga :   Hutan Cagar Alam Jayapura, Terima Kepulangan Satwa Asli Papua

Mendukung Kesuburan Tanah

Pohon jati juga ikut membantu dan mendukung kesuburan tanah disekitar hutan, hal ini karena akar pada pohon jati tumbuh melebar dan mendalami tanah-tanah hutan. Pertumbuhan akar ini akan membantu menghasilkan humus tanah, sehingga dengan begitu pohon jati dengan akarnya dapat mendukung untuk meningkatkan kesuburan pada tanah sekitar hutan.

Bikin Indah Hutan

Pohon jati juga mempunyai manfaat untuk membuat indah hutan dengan tampilannya yang tergolong besar. Selain itu, pohon jati juga memiliki tampilan yang cukup unik, sehingga dengan begitu pohon jati juga dipercayai sebagai salah satu pohon yang membuat hutan-hutan tropis semakin indah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.