Tanaman Senggugu, Dengan Daunnya Untuk Obat Tradisional

oleh -181 views
Rotheca serrata or blue fountain bush leaves on the tree.
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Tanaman senggugu merupakan salah satu jenis tanaman perdu yang biasanya dapat tumbuh pada dataran tinggi. Tanaman ini biasanya kerap dijumpai pada tepi jalan, rawa-rawa maupun hutan yang cenderung lebat.

Tanaman dengan nama Ilmiah Clerodendron Serratum L. ini masih termasuk ke dalam satu famili dari Verbenaceae. Spesiesnya tersebut dapat tumbuh secara liar namun meski pun begitu, tanaman ini memiliki khasiat yang dinilai baik.

Secara morfologi, tanaman ini dapat tumbuh dengan tingginya berkisar antara 1 – 3 meter yang dilengkapi batang dengan permukaannya berongga, biasanya batang tersebut memiliki warna coklat cenderung hitam. Adapun pada bagian bawah tanaman ini terdapat akarnya yang bersifat tunggang, biasanya akar tersebut memiliki warna coklat terang.

Baca Juga :   Syarat Tumbuh Tanaman Bunga Kenanga, Apa Saja?

Selain itu, tanaman senggugu juga memiliki daun yang bersifat tunggal dan tebal, bentuknya bulat telur dengan ujung daunnya memiliki pangkal yang cenderung runcing. Biasanya ukuran daun tersebut memiliki panjang dan lebar kisaran antara 8 hingga 10 cm, adapun warna dari daun tunggang ini yaitu hijau terang pada daun mudanya sedangkan daun tua memiliki warna hijau cenderung gelap.

Sementara itu, daun senggugu mempunyai rasa yang pahit, pedas, dan juga tergolong sejuk, adapun daun tersebut juga mempunyai kandungan tannin, saponin, antioksidan, alkaloid, dan sedikit natrium yang dibutuhkan oleh tubuh dan memiliki manfaat banyak.  Oleh karena itu, daun ini pun kerap digunakan oleh sebagian masyarakat sebagai obat tradisional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.