Sehat Dan Kaya Manfaat, Kenali Kandungan Gizi Tomat

oleh -128 views
buah_tomat
Foto : Panen News

Panennews.com – Bagi anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan jenis buah tomat, buah tersebut merupakan salah satu jenis buah dan sayuran yang tergolong sehat sehingga banyak sekali manfaat yang dapat diberikan jika mengkonsumsinya.

Banyak dari kalangan masyakarat mengkonsumsi tomat dalam bentuk diolah maupun langsung dimakan. Namun, sebagian masyarakat hanya mengkonsumsinya saja tanpa mengetahui lebih jauh kandungan gizi tomat tersebut. Oleh karena itu, maka ketahui lah lebih jauh kandungan gizi tomat.

Secara umum, tomat mengandung antioksidan cukup tinggi yang dapat berperan aktif menghancurkan radikal bebas, biasanya antioksidan yang terdapat dalam tomat berkisar antara 8 – 40 gram. Uniknya, khasiat antioksidan tinggi pada tomat dapat menghambat pertumbuhan kanker, pembengkakan pada jantung, dan juga menyehatkan paru-paru.

Baca Juga :   Mentan Amran Sebut Food Estate, Bisa Penuhi Kebutuhan Jagung Nasional

Selain itu, tomat juga mengandung gizi zat senyawa betakaroten dalam jumlah yang cukup tinggi, biasanya dalam per 100 gram tomat kandungan tersebut berkisar antara 1 miligram beta karoten. Adapun kandungan gizi ini memberikan manfaat untuk kesehatan pada kulit, biasanya beta karoten tersebut dapat mengurangi kerusakan pada kulit.

Sementara itu, tomat juga mengandung nutrisi berupa vitamin yang cukup banyak, biasanya 1 buah tomat mengandung vitamin E dan juga vitamin C. Lebih lanjut, tomat juga mengandung senyawa flavonoid, tannin, asam folat, dan juga saponin yang disinyalir baik untuk kesehatan, biasanya senyawa tersebut memiliki angka cukup tinggi yang terdapat dalam buah tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.