Program KUR Kembangkan Usaha Penggilingan Padi Petani

oleh -44 views
Pertanian
Foto : Panen News

Panennews.com – Kredit Usaha Rakyat (KUR) pertanian dinilai berhasil mengembangkan usaha penggilingan padi (Rice Milling Unit). Keberadaan RMU sangat penting agar rantai pasok beras lancar.

Terlebih di masa panen raya di sejumlah titik, salah satunya di Desa Sukamakmur, Kecamatan Sukakarya. Hal itu yang kemudian menjadikan stok beras di sana dalam posisi melimpah.

Adapun Suprapto, salah satu pengelola Penggilingan Padi yang dikenal dengan nama “Hasil Bumi Bekasi” mengatakan bahwa produksi yang dihasilkan di RMU-ny bisa mencapai 10 ton  lebih pada setiap harinya. Angka sebesar itu, kata dia jelas meningkat terutama setelah adanya bantuan KUR untuk penambahan alat dan mesin.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah, khususnya kementerian pertanian karena dampak bantuan KUR itu membuat usaha saya semakin maju dan produksi yang dihasilkan meningkat. Per hari bisa 10 ton untuk beras medium,”. Ungkap Suprapto, Minggu (05/02/2023).

Baca Juga :   40 Ribu Petani Dan Nelayan, Bakal Hadiri PENAS Tani 2023 Di Sumbar

Suprapto mengatakan, peminjaman pertamanya mencapai Rp 500 juta untuk keperluan operasional dan pembelian alat. 200 juta di antaranya sudah dibelikan mesin pengering dan alat produksi lainya. Menurut dia, layanan program KUR sangat bermanfaat bagi pelaku usaha tani.

“Alhamdullilah saya dapat modal buat perputaran dari segi pertanian ataupun perdagangan. Saya ngambil di angka 500 juta dan hasilnya sudah terasa. Sekali lagi terimakasih atas bantuan KUR nya,” katanya.

Sejauh ini, hasil produksinya sudah disalurkan atau didistribusikan ke berbagai tempat. Termasuk Pasar Beras Induk Cipinang, Pasar Johar dan toko toko lainya di di Jawa Barat maupun DKI Jakarta.

Baca Juga :   30 Lokasi Di Blora, Fokus Pembuatan Pupuk Organik Dari Kotoran Sapi

Meski demikian, Suprapto mengatakan pengelolaan beras di pabriknya hanya sebatas beras medium dan belum masuk pada level premium.

“Premium alat-alatnya lebih mahal. Tapi ke depan kamu akan memproduksi yang premium. Alhamdulillah sejauh ini distribusi lancar karena beras kami sebagian ada yang ke Cipinang dan wilayah Jakarta lainya,”. Ungkapnya.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) mendorong para petani agar terus menggunakan KUR sebagai upaya dalam mengakselerasi usaha tani.

“Kita berharap petani kita tetap mengunakan KUR, didorong terus karena itu adalah bagian dari startegi bapak Presiden yang harus kita jaga bersama. Bunga kredit KUR ini sudah kira rendahkan sedemikian rupa agar kita bisa mengakselerasi usaha tani,”. Tutup Mentan SYL.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.