Panen Raya Padi Di Lamongan Capai 7,3 Ton Per-Hektare

oleh -65 views
download-_1_ (3)
Foto : Dok. Kementan

Panennews.com – Sejumlah wilayah di Indonesia tengah memasuki masa panen raya, tidak terkecuali Kabupaten Lamongan sebagai salah satu wilayah sentra produksi padi di Jawa Timur.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyampaikan hasil rata – rata panen di Kabupaten Lamongan cukup tinggi bahkan mencapai 7,3 ton perhektar.

“Kenapa hari ini kami harus ada di Lamongan? Karena Kabupaten ini merupakan daerah yang sangat strategis dibidang pertanian, kalau ada orang yang meragukan potensi pertanian di Indonesia, maka mereka harus datang kesini.”. Ungkap Mentan SYL saat melakukan Panen Raya Padi di Lamongan Rabu, (15/02/2023).

Lebih lanjut Mentan SYL menjelaskan, bahwa secara keseluruhan produksi padi dalam negeri di tahun 2022 merupakan angka tertinggi di sepanjang sejarah Indonesia merdeka.

Baca Juga :   Tingkatkan Laju Ekspor, Kementan Fokus Budidaya Buah Nasional

“Berdasarkan data yang ada, produksibkita di tahun 2022 mencapai lebih dari 32 juta ton, dan ini tertinggi, bahkan sekarang ini kita sudah memasuki masa panen”. Lanjutnya.

Selain itu, Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, mengungkapkan bahwa di tahun 2022, Kabupaten Lamongan mampu menghasilkan lebih dari satu juta ton beras. Ia berharap ditahun – tahun mendatang.

“Ini semua adalah semangat para petani semua, yang terus berinovasi dan berinisiatif, sehingga produktivitas kita secara keseluruhan terus meningkat”. Ucapnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Tanaman Pangan Suwandi menyatakan bahwa tahun ini sejumlah wilayah di Indonesia akan memasuki puncak panen raya padi di Bulan Maret hingga April.

Baca Juga :   Antisipasi El Nino, Pemerintah Ajak Petani Sumut Naikkan Indeks Pertanaman

“Bulan Februari ini memasuki panen raya padi dan diprediksi puncaknya di Maret hingga April 2023, perlu langkah antisipasi dini menyiapkan brigade panen, alat pengering dryer dan mendekatkan kostraling penggilingan ke sentra panen, menjaga agar petani memperoleh harga wajar menjelang dan saat Ramadhan dan Idul Fitri nanti”. Tuturnya.

Lebih jauh, Potensi Luas Panen Kabupaten Lamongan pada Februari 2023 mencapai 31.080 Ha. Adapun total luas panen di Desa sumberaji Poktan sumber rejeki mencapai 147 Ha, dengan Varietas inpari 32, Provitasnya mencapai 7,3 Ton/ha.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.