Mengenal Tumbuhan Tali Putri, Dari Ciri Hingga Manfaatnya

oleh -592 views
istockphoto-842453796-612x612
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Tali putri merupakan salah satu jenis tumbuhan gulma yang tersebar diberbagai penjuru dunia. Jenis tumbuhan ini biasanya tumbuh pada jenis tanaman yang lainnya dengan cara parasit.

Meski pun begitu, tumbuhan dengan nama Ilmiah Convolvulaceae ini banyak memiliki keunikan tersendiri. Adapun keunikannya terletak dari ciri dan manfaatnya, sehingga dengan demikian mari mengenal tumbuhan ini.

Secara morfologi, ciri-ciri tumbuhan tali putri memiliki bentuk yang cenderung kecil dengan ukuran berkisar antara 0,5 – 1 cm, namun biasanya jika ia tumbuh pada tempat yang luas maka ukurannya pun mencapai kisaran 5 cm. Adapun tumbuhan ini juga terdapat bunga tegak yang berwarna hijau cenderung ungu, biasanya bunga tersebut memiliki ukuran berkisar antara 7 – 10 milimeter.

Baca Juga :   Ketahui Lebih Dalam Kandungan Gizi Takokak Yang Bermanfaat

Selain itu, didalam bunga tumbuhan ini terdapat biji kecil dengan varian warna seperti coklat, merah, hingga coklat tua, biasanya biji tersebut memiliki ukuran yang sangat kecil berkisar antara 0,5 milimeter. Adapun bentuk biji dari tumbuhan tali putri ini cenderung bervariasi yang dimulai dari oval, memanjang, hingga sangat bulat. Namun, kebanyakan biji tersebut memiliki bentuk oval memanjang.

Sementara itu, tali putri meski tumbuh secara liar dan parasit, ternyata tumbuhan tersebut menyimpan segudang manfaat bagi lingkungan yaitu dari bunganya yang indah bisa dijadikan tanaman hias. Lebih lanjut, manfaat yang lain untuk kesehatan yaitu tumbuhan ini memiliki kandungan antiseptik dan antibakteri sehingga disinyalir dapat menyembuhkan beberapa luka ringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.