Mengenal Kayu Sonokeling, Dari Ciri Hingga Manfaatnya

oleh -200 views
Close up of a tree cut
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Kayu sonokeling merupakan salah satu jenis kayu yang berasal dari pohon sonokeling. Biasanya jenis kayu tersebut banyak ditemukan pada wilayah Pulau Jawa, Sumatera, hingga daerah Papua dengan kapasitas hutan yang tinggi.

Kayu tersebut pada umumnya memiliki ciri-ciri pada teksturnya yang cenderung halus, biasanya permukaan kayu sonokeling terdapat serat-serat beraneka ragam yang dimulai dari lurus hingga bergelombang zig-zag.

Adapun warna dari kayu ini kebanyakan berwarna cokelat cenderung hitam, namun ada juga yang mempunyai warna cokelat tua dengan tampilan belakangnya yang sedikit loreng. Jenis warna tersebut dapat berkaitan dan bergantung dengan asal usul daerah penghasil kayu sonokeling, biasanya pada wilayah Pulau Jawa kayu sonokeling terdapat pada warna coklat tua.

Baca Juga :   Ketahui 3 Manfaat Pohon Hutan Trembesi Bagi Lingkungan

Selain itu, ciri-ciri tersebut juga dapat dikenali pada ketebalan jenis kayu ini, biasanya jenis kayu sonokeling mempunyai ketebalan 5 – 7 cm dengan beratnya sendiri mencapai kisaran antara 0,80 gram, biasanya hal tersebut menjadikan jenis kayu ini sebagai jenis kayu berat dan juga tebal. Adapun kayu sonokeling juga dipercayai sangat tahan terhadap air, sehingga sangat mudah jika dibentuk.

Sementara itu, manfaat yang didapatkan pada kayu tersebut bisa digunakan sebagai alat furniture hingga beberapa jenis alat musik seperti gitar dan juga suling. Adapun alasannya karena kayu sonokeling mempunyai nilai ekstetikanya yang cukup tinggi dan juga tergolong mudah dibentuk, sehingga kayu ini mempunyai beberapa manfaat untuk bahan dasar furniture atau alat musik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.