Komite III DPD RI Soroti Kelangkaan BBM Untuk Nelayan

oleh -19 views
WhatsApp Image 2023-02-04 at 08.49.36
Foto : Dok. DPD RI

Panennews.com – Ketua Komite III DPD RI Hasan Basri menyoroti kelangkaan BBM Solar yang terjadi di Kalimantan Utara. Menurutnya, kondisi ini membawa efek domino bagi masyarakat nelayan yang semakin terpuruk pada pertumbuhan ekonomi.

Senator asal Kalimantan Utara ini menilai kerugian yang dihasilkan dari kelangkaan BBM Solar untuk nelayan, bukan saja merugikan nelayan, tetapi dapat merugikan situasi perekonomian negara.

Selain itu, Hasan Basri juga menilai kelangkaan BBM Solar untuk nelayan juga akan mempengaruhi kualitas SDM yang semakin mempersempit untuk konsumsi protein, yang jika berlarut akan mengancam naiknya angka stunting di negara ini.

“Saya meminta pemerintah tidak hanya berkomentar terkait naik dan turunnya harga BBM untuk nelayan, tetapi juga jaminan ketersediaan BBM Solar untuk nelayan”. Ungkap Hasan Basri.

Baca Juga :   Kutu Laut Raksasa, Spesies Hewan Mengerikan

“Mesti ada aksi nyata dari pemerintah untuk memberikan solusi kelangkaan BBM Solar ini. Karena permasalahan ini bukan hanya terjadi satu atau dua kali, tetapi beberapa kali,”. Ungkap Hasan Basri saat ditanya awak media, Jumat (03/01/2023).

Hasan Basri yang akrab di sapa HB mengaku, telah mendapat puluhan aspirasi dari masyarakat yang ada di daerah pemilihannya yang sebagian besar masyarakat berprofesi sebagai nelayan.

“Sudah banyak aspirasi yang diampaikan. Nelayan Kecil dengan kapal sekitar 5GT hingga 30 GT ini mengambil ikan hanya seperlunya saja. Kenapa bisa ada kelangkaan?,” tegas Hasan Basri.

Sementara itu, dengan adanya kelangkaan BBM untuk nelayan tidaklah etis. Terlebih kegiatan yang dilakukan oleh nelayan bukanlah kegiatan eksploitasi, apalagi merusak lingkungan. Hanya sekedar untuk memenuhi kebutuhan keluarga dan masyarakat sekitar.

Baca Juga :   Hari Ikan Nasional, KKP Pamerkan Sejumlah Produk Olahan Ikan Di Ulammart

Ia menambahkan, pemerintah dalam waktu dekat harus memberikan solusi serta jalan keluar untuk menyelamatkan nelayan kecil akibat kelangkaan BBM.

“Kelangkaan BBM di Kalimantan Utara yang telah mengguncang industri perikanan, tidak hanya mengguncang nelayan kecil tetapi juga perusahaan besar. Apalagi solusi yang diberikan saat ini belum dapat mengimbangi penyediaan perikanan tangkap”. Tegas Hasan Basri.

Lebih jauh, Hasan Basri juga mengatakan pihaknya akan terus memperjuangkan hak nelayan. Termasuk stok dan harga BBM yang tidak hanya menjadi masalah nelayan di Kalimantan Utara.

“Ini harus diurai permasalahannya, kita akan kawal agar tidak kusut. Insyallah kita akan kembali membicarakan ini kepada kementerian ESDM RI, Pertamina, dan BUMN, melalui caurtycall agar nelayan dapat melaut dengan mudahnya mendapatkan solar”. Tutup Hasan Basri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.