Kayu Rapet, Tanaman Herbal Tropis Yang Sudah Mulai Langka

oleh -247 views
news_77510_1518752379
Foto : Phytoimages

Panennews.com – Kayu rapet merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang berupa semak dan menjalar pada media tanamnya. Biasanya jenis tanaman tersebut banyak ditemukan pada wilayah tropis maupun sub tropis.

Tanaman dengan nama Ilmiah Parameria Laevigata ini masih termasuk dalam suku genus dari Parameria dan termasuk juga ke dalam suku famili dari Apocynaceae. Di Indonesia, jenis tanaman ini sering dikenal dengan sebutan akar putih atau tanaman cukangkang.

Secara morfologi, tanaman tersebut mempunyai ukuran tinggi berkisar antara 4 hingga 5 meter dengan akarnya yang bersifat tunggang, tanaman ini terdapat batang berbentuk bulat, berkayu, dan juga berserabut. Adapun batang dari tanaman ini mempunyai warna coklat cenderung tua, biasanya warna tersebut akan memudar jika musim penghujan telah tiba.

Baca Juga :   Masih Tinggi, Harga Cabai Belum Ada Indikasi Turun

Selain itu, terdapat juga daun bersifat tunggal yang tumbuh banyak diantara batang hingga rantingnya, daun tersebut mempunyai ukuran panjang berkisar antara 5 – 12 cm dengan lebar kisaran 2 – 5 cm. Adapun warna dari daun tersebut yaitu hijau cenderung terang pada daun mudanya, sedangkan daun yang tua terdapat warna hijau cenderung lebih gelap dari biasanya.

Sementara itu, penyebaran tanaman kayu rapet ini biasanya dapat mudah kita temukan pada hutan-hutan wilayah Kalimantan, Sulawesi, hingga Papua. Namun, di Indonesia penyebaran tanaman ini pun sudah cukup jarang, sehingga jenis tanaman kayu rapet ini mulai tergolong langka keberadaannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.