Festival Mangrove Sidoarjo, Upaya Lestarikan Hutan Mangrove

oleh -46 views
20230131094502-2023-01-31posts094443
Foto : Kemenmarves

Panennews.com – Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Nani Hendiarti mengikuti sekaligus memberikan sambutan dalam rangkaian kegiatan Festival Mangrove Jawa Timur ke III di Pulau Lusi dan Wisata Bahari Tlocor, Kecamatan Jabon, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur Minggu, (29-01-2023).

Kegiatan Festival Mangrove ini sebagai salah satu upaya dalam rangka meningkatkan semangat dan dukungan pemerintah daerah, kelompok masyarakat dan para pihak terkait lainnya atas upaya pelestarian dan pengelolaan ekosistem mangrove di Jawa Timur.

“Program rehabilitasi mangrove tidak hanya menanam, tapi juga mempertahankan. Indonesia berperan penting dalam memberikan kontribusi iklim global. Luas mangrove Indonesia yaitu 23% dari mangrove dunia, dan 65% di ASEAN,”.Ungkap Deputi Nani.

Baca Juga :   Ancam Hutan Mangrove, Komisi IV Temukan Produk Arang Ilegal

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, didampingi Deputi Nani, dan Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor memimpin langsung penanaman 1.000 bibit mangrove dan bibit pohon produktif serta pelepasliaran burung air dan biota air berupa ikan dan udang sejumlah 23 ribu ekor di Pulau Lusi.

Gubernur Khofifah mengatakan, “Festival Mangrove merupakan salah satu upaya membangun sinergi hulu hilir yang lebih luas dalam menjaga ekosistem mangrove. Hal ini karena ekosistem mangrove telah memberikan kemanfaatan baik dari sisi ekologi, ekonomi, dan sosial bagi masyarakat pesisir,” ucapnya.

Baca Juga :   Reforestasi IKN, Wujudkan Kota Hutan Tropis Yang Lebih Inklusif

“Penanaman hutan mangrove merupakan ikhitiar Pemprov Jatim dalam menanggulangi perubahan iklim yang nyata, sedekah oksigen merupakan hal yang sangat perlu untuk dilakukan dan diharapkan bisa menjadi amal jariyah untuk masyarakat Jawa Timur,” tambahnya.

Lebih lanjut, Program rehabilitasi mangrove ini merupakan arahan Presiden RI yang mengetahui manfaat besar mangrove untuk memproteksi lahan, mencegah abrasi, mampu menyerap karbon, dan dapat memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat setempat melalui silvofisheries, produk turunan, dan eko-edu-wisata. Untuk itu, program rehabilitasi mangrove tidak hanya menanam, tapi juga konservasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.