Tingkatkan Ekspor, Kementan Atur Strategi Kembangkan Vanili

oleh -14 views
Screenshot_20230116_192800
Foto : Dok. Kementan

Panennews.com – Kementerian Pertanian melalui Ditjen Perkebunan melakukan kunjungan ke Dispotmaral TNI AL, serahkan bantuan benih vanili sebanyak 2.000 batang.

Saat kunjungan lapang, diketahui bahwa Dispotmaral TNI AL telah menanam vanili sebanyak 400 batang, saat ini tanaman vanili berumur 6 bulan.

Menurut Kadis Dispotmaral, Laksamana Pertama TNI, Suradi Agung Slamet, Kebun vanili tersebut nantinya akan dimanfaatkan sebagai benih sumber vanili.

“Benih vanili berasal dari Balai Penelitian Obat dan Rempah, Bogor dan jenis varietasnya adalah Vania 1 dan Vania 2. Kegiatan ini sekaligus melakukan peninjauan Lahan Smart Recycling dan budi daya tanaman vanili di Dinas Potensi Maritim Angkatan Laut Dispotmaral,”. Ungkap Ronald Evan Zigler, Koordinator Tanaman Rempah dan Semusim, Ditjen Perkebunan, saat melakukan tinjauan di Markas Besar Angkatan Laut Dinas Potensi Maritim TNI AL, Kelapa Gading, Jakarta Utara Senin, (16/01/2023).

Baca Juga :   Tahun 2021, Kementan Tambah Alokasi Pupuk Bersubsidi

Selain itu, Ronald Evan juga menambahkan, Kegiatan ini diselenggarakan demi mendukung rencana Pembangunan Jangka pendek Menengah Nasional 2020-2024 mengenai Pengembangan Sektor Komoditas Unggulan Daerah, Diversifikasi Ekspor Dan Stabilitasi Eksternal dan Rencana Strategis Kementerian Petanian 2020-2024 mengenai Peningkatan Ekspor Produk Bernilai Tambah dan Penguatan Tingkat Komponen Dalam Negeri.

Lebih lanjut, Ronald Evan mengatakan, Juga sebagai salah satu langkah TNI Angkatan Laut menginisiasi program vanili Jalesveva Jayamahe sebagai strategi dalam mencapai tujuan Kampung Bahari yang diawali dengan langkah pembentukan dan pengembangan Kebun Sumber Benih Vanili bersertifikat untuk dibudidayakan ke seluruh Satkowil dan masyarakat binaan TNI.

Sementara itu, Ardi Praptono, Direktur Tanaman Semusim dan Rempah, Ditjen Perkebunan mengatakan, Kementerian Pertanian melalui Ditjen Perkebunan terus giatkan sinergi dan kolaborasi dengan TNI Angkatan Laut dalam Program Vanili Jalesveva Jayamahe berupa pembentukan skema kerjasama dalam pengembangan Vanili Jalesveva Jayamahe melalui penyediaan benih vanili bersertifikat sebanyak 10.000 batang.

Baca Juga :   Motivasi Daerah Lain, Mentan Dorong Pengolahan Ubikayu dan Ekspor Turunan Sawit di Bangka

Ardi menekankan, Untuk mengembangkan vanili ini perlu komitmen yang kuat dan keterlibatan semua pihak terkait, sehingga pengembangan vanili dapat tepat guna dan sesuai ketentuan yang berlaku.

“Kedepan diharapkan dengan adanya sinergi dan kolaborasi ini dapat meningkatkan pengembangan vanili baik kuantitas maupun kualitas vanili yang berkualitas mutu baik, bernilai tambah dan berdaya saing, tersedianya atau beredarnya benih vanili yang resmi bersertifikat dan terpenuhinya kebutuhan ekspor vanili, sehingga akses pasar semakin meluas dan ekspor vanili kian meningkat,”. Tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.