Ternyata Ini Dia Kelebihan Dan Kekurangan Kayu Cendana

oleh -245 views
Kayu Cendana
Foto : Pixabay

Panennews.com – Kayu cendana merupakan salah satu jenis kayu yang saat ini cukup populer keberadaannya di Indonesia. Jenis kayu ini berasal dari pohon cendana yang tumbuh subur pada hutan-hutan wilayah tropis.

Biasanya sebagian kalangan masyarakat menggunakan kayu tersebut sebagai bahan dasar mebel atau alat kerajinan tangan lainnya. Namun, pada sisi lain jarang sebagian masyarakat mengetahui kelebihan dan kekurangan dari kayu cendana ini.

Adapun kelebihan kayu cendana ini salah satunya yaitu pada permukaan kayu tersebut didapati tekstur yang halus, biasanya kebanyakan kayu memiliki tekstur yang cenderung lebih kasar. Namun, kayu cendana ini memiliki tekstur halus dan juga lembut, sehingga kayu tersebut mempunyai potensi baik untuk digunakan sebagai bahan baku furniture, kerajinan tangan, maupun alat rumah tangga lainnya.

Baca Juga :   Demi Kelestarian Lingkungan Perhutanan, Pemerintah Jalin Kerjasama Program Perhutanan Sosial

Selain itu, kelebihan kayu ini juga terletak pada aroma wanginya yang cenderung sangat khas, aroma tersebut dinilai mampu bertahan lama hingga kisaran waktu antara berabad-abad. Adapun kelebihan selanjutnya juga terletak pada bobotnya yang tergolong ringan, sehingga jika digunakan sebagai furniture jenis kayu ini sangat mudah dipindah tempatkan. Beberapa hal tersebut diatas merupakan kelebihan yang terdapat pada kayu cendana.

Sementara itu, adapun kekurangan dari kayu cendana tersebut meliputi harganya yang tergolong mahal dibandingkan jenis kayu lainnya. Lebih lanjut, kayu ini pun jika diolah memiliki proses yang tergolong rumit, hal tersebut menjadi kekurangan kayu cendana ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.