Pohon Sonokeling, Penghasil Kayu Hitam Terancam Punah

oleh -11 views
narra tree
Foto : Pixabay

Panennews.com – Sonokeling merupakan salah satu jenis pohon besar yang biasanya dapat ditemukan pada hutan tropis. Pohon ini dikenal sebagai penghasil kayu keras berwarna hitam dengan serat yang cukup indah.

Pohon tersebut mempunyai nama Latin Dalberga Latifolia ini masih termasuk ke dalam suku anggota famili dari Fabaceae. Di Indonesia, keberadaan jenis pohon ini memang tidak terbilang banyak.

Secara umum, pohon sonokeling dapat tumbuh tinggi dengan ukuran berkisar antara 20 meter dengan bentuknya tajuk dan cenderung mirip kubah, biasanya pohon tersebut dilengkapi daun berwarna hijau. Adapun daun tersebut mempunyai ukuran lebar yang cukup panjang berkisar antara 7 cm, biasanya daun ini tumbuh lebat disekitar batang hingga sekitar rantingnya.

Baca Juga :   Karakteristik Hutan Mangrove Yang Berdampak Baik Bagi Lingkungan

Selain itu, pohon ini juga menghasilkan buah berwarna coklat dengan bentuknya meruncing yang terdapat pada pangkal hingga ujung pohon, biasanya didalam buah tersebut dilengkapi biji yang lunak berwarna coklat tua. Adapun biji dari buah pohon ini biasanya bisa digunakan untuk membudidayakan pohon tersebut, namun hal ini banyak dari kalangan masyarakat yang tidak mengetahuinya.

Sementara itu, penyebaran pohon ini pada wilayah negara Indonesia tidak tergolong banyak, pohon tersebut hanya dapat ditemukan pada hutan wilayah Jawa Tengah hingga Jawa Timur dengan ketinggian berkisar antara 600 mdpl. Lebih lanjut, namun populasi pohon penghasil kayu ini mengalami penurunan akibat penebangan liar yang tergolong illegal, hingga akhirnya pohon tersebut dinilai terancam punah keberadannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.