Pohon Ramin, Tumbuhan Hutan Penghasil Kayu Berkualitas

oleh -435 views
Rain tree isolated on white background
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Pohon ramin merupakan salah satu jenis tumbuhan yang keberadaannya dapat ditemukan pada hutan wilayah tropis. Jenis pohon ini bagian dari pohon asli asal Indonesia yang biasanya terdapat di hutan-hutan besar.

Pohon tersebut mempunyai nama Ilmiah Gonystylus Bancanus yang masih termasuk dalam klasifikasi Magnoliopsida. Adapun juga tumbuhan atau pohon ini masih termasuk juga ke dalam suku famili dari Thymelaeceae.

Secara morfologi, pohon ramin dapat tumbuh tinggi dengan ukurannya mencapai kisaran antara 40 meter dengan batangnya yang tegak cenderung lurus, biasanya batang tersebut memiliki lebar berdiameter kisaran antara 60 hingga 120 cm. Adapun batang pohon ramin pada permukaannya tergolong kasar yang berwarna coklat cenderung tua, sedangkan bagian dalamnya terdapat warna coklat muda.

Baca Juga :   Ini 3 Pulau Di Indonesia Dengan Ekosistem Hutan Mangrove Terluas

Selain itu, pohon ini juga dilengkapi daun yang disebut daun ramin dengan bentuknya yang cenderung oval, biasanya daun itu tersusun rapi pada tangkai secara berseling-seling namun tetap beraturan. Daun ramin digolongkan sebagai daun yang tunggal, adapun warna dari daun tersebut memiliki warna hijau yang cenderung lebih terang.

Sementara itu, keberadaan pohon tersebut dengan batangnya memiliki potensi cukup besar, biasanya pohon ini dapat dimanfaatkan batangnya untuk dijadikan kayu. Karena kayu ramin ini tergolong sebagai jenis kayu yang dinilai cukup baik, tekstur dari kayu tersebut pun cukup mudah dibentuk. Oleh karena itu, pohon ramin ini banyak dikenal sebagai pohon penghasil kayu berkualitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.