Pegawai Kejaksaan Negeri Lebak Motivasi Petani Tanam 6 Ribu Batang Cabai, Panen Seratus Kilo

oleh -13 views
arip kejari lebak
Arip Riadi saat memanen cabai di lahan pertaniannya - (Foto : istimewa)

Panennews.com – Menjadi aparatur Kejaksaan tak lantas menjadikan Arip Riadi berdiam diri. Ia merupakan salah satu staff Tindak Pidana Umum (Pidum) di Kejaksaan Negeri Lebak yang memotivasi para petani untuk terus memanfaatkan lahan tidur yang berada di wilayahnya.

Dengan kemauan dan berberkal ilmu yang didapat sejak sekolah dasar inilah, Arip mempunyai hobi untuk menggarap lahan pertanian dengan menanam terong, cabai, dan aneka sayuran lainnya.

Arip menjelaskan bahwa ia sangat memotivasi masyarakat untuk lebih mengembangkan dunia pertanian yang kini mulai banyak ditinggalkan. Dirinya berharap bahwa lahan pertanian yang tidur seharusnya mulai difungsikan kembali agar produktif serta menghasilkan produk-produk pertanian.

“Disini, pertama bertani tentu bukan saja soal hasil, namun bagaimana bisa kembali memotivasi, merangsang masyarakat sekitar untuk kembali bangkit bersama, memanfaatkan lahan garapan untuk menggeliatkan ekonomi usai diterpa pandemi sejak dua tahun terakhir,”  tuturnya kepada media, Kamis (05/01/2023).

Baca Juga :   Tepung Ganyong Ternyata Baik Lho Untuk Dijadikan Olahan Makanan Bayi

Lebih lanjut, di lahan pertaniannya yang berlokasi di kampung Cibuah, Kecamatan Warunggunung, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, setidaknya Arip menanam tidak kurang enam ribu batang cabai. Ia berharap kebun cabainya dapat panen dengan hasil yang bagus dengan harga yang tidak terlalu rendah.

“Mudah-mudahan masih sempat mendapatkan harga yang cukup bagus saat ini,” harapnya.

Untuk masa panennya sendiri, menurutnya dapat dipetik dalam waktu seminggu sebanyak dua kali panen. Adapun hasilnya dapat mencapai lebih kurang seratus kilogram cabai.

“Alhamdulillah saya sudah mulai memetik hasil, untuk cabai waktu seminggu bisa dua panen cabai dan hasilnya tidak kurang dari seratus kilo, mudah mudahan pertanian ini mampu memotivasi sejumlah petani untuk ikut bersama-sama menggarap lahan nya kembali yang sudah lama tidur,” jelasnya.

Baca Juga :   Alat Pemotong dan Pembalik Tanah Pertanian, Bajak Singkal

Saat ini, Arip mangaku meluangkan waktu selepas bertugas di Kejaksaan Negeri Banten untuk aktivitas bertani. Ia berharap hal ini dapat berpengaruh positif terhadap masyarakat dalam berusaha, khususnya para petani.

Sehingga menurutnya, hasil pertanian ini dapat membantu ekonomi warga sekitar yang terdampak dari akibat pandemi covid-19 serta lebih memanfaatkan lahan untuk diolah dan menjadi lahan produktif pertanian.

“Saya antusias bertani dan memanfaatkan lahan tidur. Mudah-mudahan ini berpengaruh positif terhadap masyarakat dalam berusaha,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.