Ketahui Hama Budidaya Ikan Gurame, Begini Cara Mengatasinya

oleh -12 views
Ilustrasi Ikan Gurame Foto pinterest
Ilustrasi Ikan Gurame - Foto : pinterest

Panennews.com – Budidaya ikan gurame memang saat ini cukup populer dikalangan masyarakat banyak. Pasalnya, ikan tersebut mempunyai perawatan yang tergolong mudah dalam memelihara atau pun membudidayakannya.

Namun, dalam membudidayakan ikan gurame tentunya tidak terlepas dari halangan dan rintangan yang salah satunya hama penganggu. Jika hama menyerang ikan gurame bisa dipastikan ikan tersebut akan terganggu produktivitasnya, agar tidak terjadi demikian maka ketahuilah hama tersebut dan berikut cara mengatasinya.

Insekta

Insekta merupakan salah satu hama penganggu dalam pembudidayaan ikan gurame berupa ulat dan katak, biasanya hama tersebut dapat menyerang ikan gurame berikut airnya. Adapun cara mengatasi hama insekta ini yaitu dengan membersihkan kolam pembudidayaan ikan secara teratur, biasanya dapat dilakukan dengan kurun waktu berkisar satu minggu sekali.

Baca Juga :   Pesona Ikan Bawal yang Populer di Masyarakat

Hama Burung

Hama tersebut dapat menyerang bibit unggul dalam pembudidayaan ikan gurame, biasanya hama burung bisa menyerang dengan memangsa bibit tersebut. Selain itu, hama ini pun berdampak bahaya bagi ikan gurame, sehingga bibit ikan gurame tidak dapat berproduktivitas. Adapun cara mengatasi hama burung yaitu dengan membuat perangkap menggunakan jaring dengan bambu pada kolam budidayanya.

Hama Jamur

Hama yang dapat menyerang ikan gurame selanjutnya yaitu hama jamur, biasanya jenis hama ini didapatkan pada kolam budidaya sehingga dapat menganggu ikan gurame. Cara mengatasi hama ini yaitu dengan pergantian air secara berkala, sehingga jamur tidak muncul pada kolam budidaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.