Jelang Puasa, Mendag Tegaskan Harga Kedelai Segera Turun

oleh -48 views
qv0SFq9ZbKalQisYTIrfNwtzrO7dZG9puOzn1A6n
Foto : Biro Humas Kemendag

Panennews.com – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menegaskan, sebanyak 56 ribu ton kedelai segera membanjiri pasar agar para perajin tahu tempe dan produk olahan kedelai mendapatkan bahan baku dengan harga terjangkau. Menjelang puasa dan Lebaran tahun ini, Pemerintah berharap harga kedelai segera turun dan stabil.

Penegasan itu disampaikan Mendag Zulkifli Hasan usai meninjau pabrik PT Bungasari Flour Mills Indonesia di Cilegon, Banten pada Minggu (15/01/2023). Kegiatan Mendag dilanjutkan dengan meninjau proses pembongkaran muatan kedelai oleh Kementerian Perdagangan bersama Badan Pangan Nasional yang dilakukan di Pelabuhan Cigading.

“Hari ini dibongkar kedelai sebanyak 56 ribu ton oleh FKS Group dengan harga Rp12.000/kg dan selanjutnya dapat digunakan untuk mendukung program pemerintah dalam pemberian penggantian selisih harga pembelian kedelai menjadi Rp11.000/kg. Program ini merupakan kelanjutan program bantuan kedelai Pemerintah yang dilanjutkan oleh Bapanas. Mudah-mudahan pada Januari, Februari, Maret menjelang puasa dan Lebaran harga kedelai berangsur turun dan stabil,” . Ungkap Mendag Zulkifli Hasan.

Baca Juga :   Temu UMKM, Kemendag Siap Pasarkan Produk Hingga Ekspor

Selain itu, Mendag Zulkifli Hasan juga mengapresiasi pengusaha yang telah mendatangkan kedelai. “Pengusaha ini aset, kita harus dukung. Pengusaha kalau bisa efisien, harga kedelai akan menjadi lebih bagus. Saya sudah mengusulkan agar subsidi berupa harga diberikan langsung kepada importir,”. Tutur Mendag.

Lebih lanjut, Berdasarkan data CBOT pada 13 Januari 2023, harga kedelai secara internasional tercatat sebesar USD 14,99/bushel. Harga ini turun 0,2 persen dibanding awal Januari 2023 lalu.

Sementara itu, berdasarkan pantauan Kemendag pada 12 Januari 2023 lalu, harga kedelai di tingkat Koperasi Produsen Tahu Tempe Indonesia tercatat sebesar Rp13.175/kg. Nilai ini turun 3,3 persen dibandingkan bulan sebelumnya. Sedangkan di tingkat importir harga kedelai tercatat sebesar Rp12.000/kg.

Baca Juga :   Sarapan Pagi Dengan Oatmeal, Ketahui Sederet Manfaatnya

Adapun turut hadir pada acara ini Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi, Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah, Pj Gubernur Banten Al Muktamar, dan Bupati Sumbawa Mahmud Abdullah. Turut mendampingi Mendag Zulkifli Hasan Sekretaris Jenderal Kemendag Suhanto, Plt Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kasan, dan Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Budi Santoso.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.