Ini Komoditi Ekspor Hasil Pertanian Perkebunan NTB

oleh -30 views
Heru Saptaji
Kepala BI NTB Heru Saptraji. (Foto : Dok. Istimewa)

Panennews.com – Potensi ekspor hasil pertanian dan perkebunan di NTB cukup membuka peluang yang besar. Buktinya komoditi ekspor asal NTB selama ini cukup disegani di Mancanegara.

Sejumlah produk unggulan NTB yang sudah dan memiliki peluang ekspor tersebut diantaranya, vanili organik, kerajinan, sarang walet, kopi, rumput laut, ikan tuna, lobster, udang vaname, mutiara, kerajinan ketak dan lainnya.

“Pemerintah Daerah perlu menggenjot peluang ekspor produk non tambang. Begitu juga memperbanyak komoditas produk ekspor, serta memperluas negara menjadi pasar ekspor produk unggulan NTB,” kata Kepala Bank Indonesia (BI) NTB Heru Saptaji, akhir pekan lalu.

Baca Juga :   Edelweis Jawa, Bunga Keabadian Kaya Kearifan Lokal

Menurutnya, NTB memiliki banyak produk potensi ekspor. Tinggal bagaimana memfasilitasi, memberikan pendampingan, dan meningkatkan kualitas dari produk tersebut sesuai standar pasar internasional.

Selain memberikan perhatian dan fokus dan teringegrasi menggenjot potensi sumber ekonomi baru NTB tersebut, kata Heru, pemerintah daerah bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) NTB bersama TPID Kabupaten/Kota, serta pihak terkait lainnya, bagaimana bersinergi untuk mengendalika inflasi, agar tidak terlalu tinggi pada tahun 2023.

“Bagaimana kita menjaga tekanan laju inflasi bisa di angka 3,2 persen. Tentunya, berbagai kebutuhan pokok penyumbang inflasi bisa harganya terkendali, dan stok aman,” kata Heru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.