Bakau Pasir, Tumbuhan Kecil Berhabitat Di Hutan Mangrove

oleh -223 views
lone-tree-4497184__340
Foto : Pixabay

Panennews.com – Bakau pasir merupakan salah satu jenis bakau yang keberadaannya cukup tersebar luas di negara Indonesia. Tumbuhan yang satu ini dapat mudah kita temukan pada seluruh wilayah mulai dari Sumatera hingga Papua.

Bakau tersebut mempunyai nama Ilmiah Rhizophora Stylosa ini masih termasuk dalam suku famili dari Rhizophoraceae. Spesiesnya ini memiliki ukuran kecil dari pada jenis tumbuhan atau spesies bakau yang terdapat pada hutan mangrove lainnya.

Secara morfologi, bakau pasir ini hanya tumbuh tinggi dengan ukuran yang berkisar antara 10 meter, biasanya bakau pasir ini dapat berkembang biak hanya dengan satu batang saja. Adapun batang dari bakau pasir memiliki warna abu-abu cenderung kehitaman, biasanya batang tersebut juga dilengkapi dengan ranting yang mencapai kisaran antara 7 hingga 10 ranting.

Baca Juga :   KLHK Tindak Pelaku Pembukaan Lahan Hutan Ilegal Di Kawasan Cagar Alam Sulsel

Selain itu, bakau pasir juga terdapat daun yang bersifat majemuk dengan ukuran yang berkisar antara 2 – 4 cm, biasanya daun tersebut dapat tumbuh pada batang dan ranting-rantingnya. Adapun diantara daun dan rantingnya terdapat bunga kecil yang cenderung berkelompok, bunga tersebut biasanya memiliki kuntum sebanyak 8 hingga 16 lembar yang panjang dari bunga ini dikisarkan 10 cm.

Sementara itu, penyebaran dari bakau pasir ini pun cukup terbilang dan tergolong sangat luas. Namun, bakau pasir sendiri memiliki habitat yang cukup unik biasanya tumbuh pada wilayah tepi pantai, tepi lumpur, karang-karang, dan banyak juga menghiasi hutan-hutan mangrove.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.