Tips Memilih Bibit Kambing, Unggul Dan Sehat

oleh -114 views
Ilustrasi Kambing
Ilustrasi Kambing - Foto : Pixabay/@Couleur

Panennews.com – Kambing merupakan salah satu jenis hewan ternak yang mempunyai nilai ekonomisnya cukup tinggi. Oleh karena itu, jenis hewan ternak satu ini tengah ramai dipelihara dan dibudidayakan.

Namun, agar kambing dapat berkembang biak dengan baik dan tentunya tetap sehat produktivitasnya, maka harus diperhatikan dalam memilih bibit kambing yang unggul. Dalam pemilihan bibit kambing pun memang cukup terbilang susah, namun dengan tips ini dapat memudahkan dalam pemilihannya.

Secara umum, bibit kambing yang terlihat sehat dapat ditandai dengan ciri-cirinya yang aktif bergerak, mata bercahaya, dan juga bulunya cenderung mengkilap. Adapun usianya dapat memasuki usia berkisar antara 1 – 2 tahun dengan beratnya mencapai kisaran antara 5 – 10 kilogram. Dengan demikian, maka pilihlah bibit kambing dengan ciri-ciri yang disebutkan tadi.

Baca Juga :   Usai Diperiksa, Sejumlah Kuda Asal Sulawesi Siap Berpacu Di Madiun

Selain itu, pilihlah bibit kambing yang mempunyai kaki terlihat kokoh, tidak cacat, dan juga mempunyai tumit yang cenderung tinggi. Biasanya bibit kambing yang mempunyai kaki tidak cacat bisa dipercayai sebagai bibit kambing unggul dan punya potensi baik untuk berkembang, maka pilihlah dengan kriteria tersebut.

Sementara itu, pilih kambing dengan tingkat kesuburan reproduksinya yang cenderung sedang, hal tersebut tentunya sangat berpengaruh untuk pengembang biakannya. Bibit kambing yang tingkat reproduksinya sedang dipercayai punya potensi unggul untuk berkembang biak, tentunya bibit tersebut dinilai sehat. Maka dari itu, pilihlah bibit kambing dengan ciri-ciri tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.