Tebar Ratusan Ribu Ikan, Gunungkidul Hidupkan Telaga Berusia Puluhan Tahun

oleh -24 views
bibit ikan di telaga
Jajaran Pemkab Gunungkidul saat menebar bibit ikan di telaga, Rabu(21/12/2022). (Panennews.com/Hernawan)

Panennews.com – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Gunungkidul, Provinsi DIY melakukan restocking ikan Perairan Umum Daratan (PUD) di sejumlah telaga, Rabu (21/12/2022).

Kali ini restocking ikan digelar di empat telaga yakni Telaga Ngroyo, Karangwuni, Rongkop; Telaga Ploso Petir Rongko, Telaga Nangsri, dan Telaga Jonge, Semanu.

Kepala DKP Gunungkidul, Krisna Berlian, mengatakan, jenis ikan yang ditebar beragam seperti ikan tombro, tawes, hingga nila. Sejauh ini, sekitar 350 ribu benih sudah ditebar di sekitar 15 telaga wilayah Gunungkidul.

“Targetnya 400 ribu ikan yang akan kita tebar,” kata Krisna.

Baca Juga :   Terobosan KKP Genjot Produksi Budidaya Udang Nasional

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta, mengatakan, upaya penebaran benih ikan ini sebagai salah satu upaya peningkatan perekonomian masyarakat. Progam ini dinilai mampu meningkatkan aktivitas ekonomi masyarakat baik untuk peningkatan gizi dan tambahan penghasilan.

“Kalau di Telaga Jonge ini jelas bisa mendukung aktivitas wisata. Sekaligus masyarakat bisa memanfaatkan potensi telaga yang tidak pernah surut,” paparnya.

Adapun Lurah Petir, Sarju, mengatakan telaga di wilayahnya ini dibangun tahun 1980 dan tidak pernah kering meski musim kemarau. Telaga Kedung Agung ini dirawat oleh masyarakat yang tergabung dalam kelompok Mina Telaga.

Baca Juga :   Dedak Bekatul Ternyata Bisa Menjadi Alternatif Pakan Ikan Lele

“Bantuan ikan sangat bermanfaat. Telaga ini dikelola masyarakat dua padukuhan dan setiap tahunnya mampu menghasilkan Rp.10 juta dari hasil pengelolaan ikan. Uang untuk pemberdayaan masyarakat dan rasulan,” katanya.

Ke depan, kata dia, bibit yang sudah ditabur akan dikelola dengan sebaik-baiknya. Pengelola juga mengajukan bantuan jaring untuk mengantisipasi luapan air saat musim hujan.

“Pengajuan jala agar saat hujan lebat ikan tidak ikut terbawa banjir,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.