Poksay, Spesies Burung Unik Bersuara Lantang

oleh -294 views
A selective focus shot of white-crested laughingthrush (Garrulax leucolophus)
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Burung poksay merupakan salah satu jenis burung kicau yang biasanya dapat mudah dijumpai pada wilayah Jawa Barat. Jenis burung ini sering juga disebut dengan burung endemik Pulau Jawa.

Burung tersebut mempunyai nama Latin Garrulax Rufifrons yang masih termasuk dalam suku famili Timaliidae. Jenis burung yang satu ini memang cukup populer karena tampilannya yang tergolong unik.

Secara morfologi, burung poksay mempunyai bentuk tubuh besar cenderung panjang dengan ukurannya yang berkisar antara 28 – 50 cm, biasanya tubuhnya tersebut dilengkapi bulu berwarna hitam cenderung kecoklatan. Burung tersebut pun memiliki paruh berbentuk lurus panjang, adapun paruh tersebut memiliki warna cenderung hitam pekat.

Baca Juga :   Ciri Hamster Yang Stres, Begini Cara Mudah Mengatasinya

Selain itu, spesies burung ini juga memiliki kaki yang cenderung pendek namun sangat kokoh, biasanya kaki burung tersebut dilengkapi oleh jari-jari yang berkuku tajam. Sehingga pada kaki yang berjari tajam itu membuatnya semakin kencang dan juga biasanya bisa melindungi diri dari serangan musuh-musuhnya, adapun kaki tersebut pun membuatnya juga semakin lincah dan juga sangat gesit.

Sementara itu, lincah dan gesitnya pun menjadi kelebihan dari burung tersebut, namun disisi lain burung ini juga memiliki suara yang cenderung bervariasi. Biasanya burung ini dapat bersuara atau berkicau pada pagi hingga sore hari, adapun suara atau kicauan dari burung ini pun tergolong sangat kencang dan juga cenderung sangat lantang. Oleh karena itu, burung ini pun dikenal juga sebagai burung bersuara lantang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.