Peserta Terbanyak Ngulek Sambel Bawang Putih, Lotim Pecahkan Rekor MURI

oleh -20 views
Bupati Loitim
Bupati Lombok Timur HM. Sukiman Azmy. (Panennews.com/Istimewa)

Panennews.com – Ngulek sambal bawang putih serentak secara nasional yang diselengarakan Kementerian Pertanian dalam kegiatan Jambore Hortikultura 2022, pada Sabtu (3/12/2022) lalu,

Pemkab Lombok Timur (Lotim), NTB berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) dalam even ngulek sambel bawang putih serentak yang di gelar di pendopo Bupati Lombok Timur,

Peserta asal Lombok Timur layak memecahkan rekor Muri karena mengikut sertakan peserta terbanyaj 600 orang.

Jambore Holtikultura ini sendiri diikuti terlaksana serentak secara luring maupun daring di 43 kabupaten/kota se Indonesia.

Baca Juga :   Ragam Jenis Bawang Putih Yang Beredar Di Pasar

Sementara itu Bupati Lombok Timur, HM. Sukiman Azmy menyatakan bangga karena wilayahnya menjadi satu-satunya kabupaten di NTB yang ditunjuk untuk mengikuti kegiatan berskala nasional ini.

“Keikutsertaan tersebut diyakini tidak terlepas dari potensi bawang putih yang dimiliki Lombok Timur, salah satunya varietas Sangga Sembalun,” kata nya melalui siaran persnya, Senin (5/12/2022).

Azmy menegaskan, komoditas bawang putih di Lombok Timur sudah dikembangkan menjadi produk yang memiliki nilai jual tinggi seperti black garlic.

Ia menyatakan kedepannya Lombok Timur dapat menjadi produsen black garlic terbesar di Indonesia.

Baca Juga :   Cek Harga Pangan Di Jambi, Presiden Sebut Harganya Masih Stabil

Di sisi lainnya, Menteri Pertanian Sahrul Yasin Limpo menyatakan apresiasinya terhadap capaian komoditas hortikultura dalam beberapa tahun terakhir.

Bahkan di tengah pandemi sektor pertanian mampu bertahan dan mengalami peningkatan.

Ia berharap kegiatan Jambore Holtikulruta dapat dipertahankan, karena terbukti, petani selama masa Covid-19 telah menjadi pahlawan dan penopang ekonomi bangsa.

”Kita akan tetap mendorong agar para petani bisa secepatnya beradaptasi dengan menguasai teknologi dan relasi untuk meningkatkan ekspor produk-produk hortikultura,” kata Menteri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.