Pengawasan Pangan Jateng Terbaik Nasional, Ganjar Akan Tiru untuk Sektor Lain

oleh -19 views
Gubernur Jateng Ganjar
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat kunjungan di Wonosobo, Kamis (29/12/2022). (Panennews.com/Hernawan)

Panennews.com – Otoritas Kompeten Keamanan Pangan Daerah (OKKP-D) Jawa Tengah menjadi lembaga pengawasan pangan segar terbaik menurut Badan Pangan Nasional. Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyebut akan menerapkan capaian terbaik itu di sektor lain.

Menurutnya, prestasi OKKP-D Jateng itu buah dari kerja maksimal oleh SDM berkompeten di bidang pengawasan pangan segar.

“Hampir semua sektor dan sub sektor kita minta untuk selalu bekerja soal itu. Secara teknis, mereka punya pengalaman melakukannya,” kata Ganjar saat kunjungan ke Kabupaten Wonosobo, Kamis (29/12/2022), menanggapi capaian OKKP-D itu.

Baca Juga :   Ribuan Karton Minyak Goreng Di Amankan Kejaksaan Tinggi DKI di Pelabuhan Tanjung Priok

OKKP-D merupakan otoritas yang berwenang melakukan pengawasan Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) sebelum beredar dan saat berada di pasaran. Pengawasan tersebut guna menjaga keamanan pangan bagi masyarakat.

OKKP-D berperan menerbitkan sertifikat mengawasi beredarnya pangan segar asal tumbuhan. Pengawasan yang dilakukan OKKP-D antara lain pengecekan label dan penanganan PSAT yang baik, pengambilan dan pengujian sampel, serta penanganan kasus keamanan pangan.

Bukan hanya di tingkat provinsi, OKKP-D kabupaten/kota di Jateng juga mendapat pembinaan. Selama kurun satu tahun sejak 2021, total sudah ada 1.341 izin edar pangan skala kecil dan 214 izin usaha skala menengah yang diterbitkan oleh pemkab/pemkot.

Baca Juga :   Produksi Pangan Dalam Negeri Tetap Jadi Prioritas Utama

Ganjar mengatakan, pihaknya akan mereplikasi prestasi tersebut pada sektor dan subsektor lain di Jateng. Upaya terbaik dalam pengawasan tanaman segar diharapkan dapat diikuti lembaga lain, terutama di bidang pangan.

“Maka sebenarnya satu, contoh berhasil tinggal direplikasi. Konsistensi ini penting, inovasinya ini penting. Jadi kita harapkan nanti tidak hanya soal cerita penghargaannya, tapi substansinya, termasuk soal (pengawasan) tanaman segar,” pungkas Ganjar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.