Pemula Wajib Tahu, Ciri-Ciri Bawang Merah Yang Siap Panen

oleh -247 views
Bawang Merah
Foto : Getty Images

Panennews.com – Bawang merah merupakan salah satu tanaman komoditas sayuran dataran rendah yang dari dahulu hingga kini cukup populer keberadaannya. Bawang tersebut biasanya sering digunakan sebagai bumbu dapur maupun campuran masakan nusantara.

Dengan demikian, banyak dari kalangan masyarakat membudidayakan bawang merah tersebut.  Namun, dalam budidayanya sebagian masyarakat kurang mengetahui ciri-ciri tanaman bawang merah yang siap panen. Oleh karena itu, ketahuilah ciri-ciri bawang yang sudah siap panen terlebih lagi untuk pemula.

Secara fisik, tanaman bawang merah yang siap panen biasanya pada usia 2 – 3 bulan yang bisa dilihat dengan ciri-ciri daun tanamannya berjatuhan dan berguguran ke bawah. Daun tersebut biasanya berwarna kuning dan secara tampilannya mulai mengering, adapun daun yang berjatuhan tersebut dapat diketahui ciri-ciri tersebut sebagai pertanda bawang merah siap memasuki masa panen.

Baca Juga :   Banyak Panen Raya, Bapanas Optimis Harga Beras Dan Gabah Terjaga

Selain itu, ciri-ciri bawang merah siap panen juga terdapat pada batang tanamannya yang cenderung layu dan terlihat lemas, biasanya batang tersebut dapat berwarna coklat cenderung gelap. Adapun batang tersebut nantinya akan tercium aroma bawang, hal ini pun menjadi ciri-ciri bahwa bawang merah akan datang masa panen.

Sementara itu, umbi bawang merah pun terlihat mencolok dengan warna merahnya yang cenderung terang, biasanya umbi bawang merah siap panen akan memiliki tekstur kulit yang keras. Lebih jauh, umbi tersebut pun akan mengeluarkan aroma khas bawang merah, hal tersebut menjadi ciri-ciri bawang merah siap panen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.