Pemkab Sleman Resmikan Pasar Ikan di Kawasan Agrowisata

oleh -59 views
benih ikan di peresmian Pasar Ikan
Bupati Sleman Kustini (baju merah) saat menebar benih ikan di peresmian Pasar Ikan Bangunkerto. (Panennews.com/Hernawan)

Panennews.com – Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo meresmikan Pasar Ikan Mina Bangunkerto di kawasan agrowisata Kalurahan Bangunkerto, Kapanewon Turi, DIY, Minggu (4/12/2022).

Kustini menyebut pasar ikan ini merupakan program inovasi pasar dan dapat menjadi fasilitas penunjang bagi para petani ikan, terutama dalam memasarkan hasil produksinya dengan harga bersaing.

“Adanya pasar ikan ini diharapkan juga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan sumber protein hewani yang segar dan berkualitas. Pemenuhan kebutuhan pangan bergizi, termasuk di antaranya ikan, menjadi sebuah keharusan dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia,” katanya.

Baca Juga :   Bisa Bikin Mati, Waspadai Jenis Penyakit Yang Menyerang Ikan Oscar

Peresmian ini ditandai dengan pemotongan pita oleh Bupati Sleman dilanjutkan peninjauan langsung ke lokasi budidaya ikan. Dalam kegiatan ini juga dilakukan pelepasan ratusan bibit ikan di di wilayah agrowisata Bangunkerto, Turi.

Sebagai kawasan agrowisata, Bangunkerto menjadi destinasi wisata alternatif terutama di bidang pertanian dan perikanan.

Lurah Bangunkerto, Anas Maruf, menyampaikan bahwa pembangunan pasar ikan ini merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dibiayai Dana Keistimewaan (Danais) DIY.

Tahun ini, Danais sebesar Rp129, 9 miliar dibagikan ke 34 kalurahan di DIY untuk percepatan program strategis dan pemberdayaan masyarakat.

Baca Juga :   3 Jenis Kolam Yang Tepat Untuk Budidaya Ikan Sembilang

“Melalui Dana Keistimewaan, Kalurahan Bangunkerto melaksanakan beberapa kegiatan yang bersifat pemberdayaan masyarakat. Salah satunya difokuskan dalam peningkatan UMKM dan pariwisata,” jelasnya.

Adapun Paniradya Pati Keistimewaan DIY, Aris Eko Nugroho, menjelaskan bahwa tahun 2022 merupakan tahun kedua Dana Keistimewaan disalurkan kepada kalurahan.

“Dana Keistimewaan untuk kalurahan diharapkan dapat difokuskan dalam program atau kegiatan tertentu sehingga bisa lebih optimal dalam realisasinya,” kata dia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.