Nyaris Seribu Bonsai dari Penjuru Nusantara Nangkring dalam Kontes di Jepara

oleh -35 views
kontes bonsai nasional
Salah satu bonsai yang mengikuti pameran dan kontes bonsai nasional di Lapangan Tahunan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Ahad (4/12/2022). (Panennews.com/Ahmad Muharror)

Panennews.com – Sebanyak ratusan pohon bonsai dari berbagai wilayah di Indonesia mengikuti pameran dan kontes bonsai nasional di Lapangan Tahunan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Ahad (4/12/2022).

Kegiatan yang digelar oleh Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) cabang Jepara itu, dihadiri Ketua umum Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Erwin Wisamar.

Ketua Panitia, dr Rendra Riantoni mengatakan, pada pameran dan kontes Indonesia Bonsai Fighter (IBF) skala Nasional ini diikuti oleh 854 peserta, dengan rincian dikelas prospek 442, kelas pratama 305, kelas madya 66, kelas utama 27, kelas in show 14.

“Hampir seluruh pecinta bonsai dari seluruh Nusantara mengikuti ajang ini. Peserta paling jauh adalah dari Kota Aceh dan Kota Makasar,” ujarnya.

Baca Juga :   166 Awak Kapal Pelaku Illegal Fishing Asal Vietnam Dipulangkan

Rendra berharap dengan adanya pemeran dan kontes Indonesia Bonsai Fighter ini, semakin memacu semangat para pecinta bonsai. Ia berencana untuk menjadikan even ini sebagai agenda tahunan.

Kepala Diskopukmnakertrans Jepara, Samiadji menyebutkan, bonsai merupakan karya yang digemari dan menjanjikan. Bonsai ini digemari oleh penikmatnya karena nilai estetika dan cita rasa seni yang tinggi.

“Bonsai bisa menjanjikan bagi pemiliknya, karena bonsai memiliki nilai ekonomi yang tinggi dan memiliki pesona dan keelokan tersendiri,” terang Samiadji.

Kegiatan ini tidak lain, disebutnya, juga sebagai cara menggali potensi dampak positif untuk peningkatan ekonomi dan menjalin tali silahturami bagi pencinta bonsai.

Baca Juga :   Gairahkan Komoditas Ekspor, Mentan SYL Tanam dan Panen Porang di Sidrap

“Pemerintah Kabupaten Jepara mendukung kegiatan pameran dan kontes ini. Tentunya bukan sekedar menyalurkan hobi. Namun meningkatkan perekonomian masyarakat,” tegasnya.

Pembukaan pameran dan kontes bonsai nasional ditandai dengan pengguntingan pita oleh Kapolres Jepara AKBP Warsono dan Dandim 0719/Jepara Letkol Inf Mukhammad Husnur Rofiq.

Pemenang pameran dan kontes untuk kategori Best In Show diraih Agus Kupu-kupu Tangerang, Best In Class Pratama diraih Adeki Pati, Best In Class Madya diraih Zunarto Surabaya, Best In Class diraih Utama Sunarya Aryama Bali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.