Meskipun Terancam Punah, Ternyata Badak Jawa Juga Punya Fakta Unik

oleh -33 views
pexels-photo-14234057
Foto : Pexels

Panennews.com – Badak jawa seperti yang sudah dikenal sebelumnya, merupakan salah satu spesies hewan endemik pemakan tumbuhan. Spesies hewan yang satu ini biasanya tersebar diberbagai wilayah Indonesia.

Namun, keberadaan badak jawa tersebut dinilai hampir punah karena tidak adanya habitat asli atau pembudidayanya. Meskipun begitu, badak jawa pun mempunyai fakta unik yang sangat jarang orang mengetahuinya, adapun fakta unik tersebut diantaranya.

Bisa Lari Kencang

Meskipun memiliki tubuh besar dengan bobot yang berat, namun badak jawa ini bisa berlari kencang hingga berkisar antara 50 km/jam. Selain itu, hewan tersebut juga memiliki keunggulan berlari lebih cepat dibandingkan hewan berat lainnya, sehingga hal ini menjadi salah satu fakta unik yang ada pada badak jawa.

Baca Juga :   Telinga Kucing Terkena Infeksi, Kenali Penyebabnya

Suka Berkubang Dilumpur

Walaupun tampilan yang seram dan membuat sebagian orang takut, namun badak jawa mempunyai sifat penenang. Pasalnya, badak jawa suka berkubang dalam kolam yang dipenuhi lumpur, hal ini menyatakan bahwa badak jawa jika berkubang dilumpur tersebut dinilai sangat tenang dan aman, sehingga dengan begitu ini menjadi fakta unik tersendiri bagi spesies mereka.

Penyebaran Cukup Luas

Badak jawa tidak hanya tersebar diberbagai Pulau Jawa saja, badak yang satu ini juga memiliki penyebaran yang terbilang luas. Biasanya badak jawa dapat ditemukan keberadaannya pada sepanjang Asia Tenggara, India, bahkan Tiongkok. Namun, sayangnya populasi badak jawa ini semakin berkurang akibat pemburuan liar, sehingga badak jawa ini terancam punah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.