Memotret Agro Wisata Kebun Nanas di Kudus, Miliki Koleksi 16 Varietas

oleh -49 views
agrowisata anak
Agro wisata kebun nanas nusantara di Desa Pedawang, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. (Panennews.com/Ahmad Muharror)

Panennews.com – Kudus merupakan satu dari tiga tiga kabupaten di provinsi Jawa Tengah yang masuk ke dalam lingkup triangle Pegunungan Muria. Lantaran lokasinya ini, membuat kota berjuluk Kota Kretek, memiliki keragaman hayati.

Kekayaan inilah yang memunculkan sejumlah destinasi wisata, mulai wana wisata, agro wisata, hingga wisata edukasi berbasis agrikultura. Seperti yang terlihat di Desa Pedawang, Kecamatan Bae.

Selain menyuguhkan keindahan alam dengan background landscape Pegunungan Muria dan kearifan lokal, desa wisata ini juga memboyong nilai pendidikan kedalam obyek yang ditawarkan, wisata edukasi kebun nanas nusantara misalnya.

Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Singo Barong, Puji Idirianto mengatakan, terdapat sekitar 16 varietas jenis nanas di kebun nanas nusantara.

Mulai dari nanas madu Pemalang, nanas madu Palembang, nanas madu Jambi, nanas Prabumulih, nanas Siak, nanas Pekanbaru, nanas putih, nanas merah dan beragam jenis nanas berbagai daerah lain dari Sabang sampai Merauke.

Adanya wisata edukasi ini, lanjut Puji, untuk mengenalkan khalayak luas akan potensi nanas nusantara dari Desa Pedawang.

Baca Juga :   Asyiknya Berwisata Kuliner Kelapa Kopyor Langsung Di Tempat Tanamnya

Di sini, pelancong bisa melihat dan belajar mulai tahap penanaman, proses pertumbuhan dan perawatan, hingga memanen buah nanas.

“Wisata edukasinya mulai melihat kebun nanas, menanam, pengunjung kami ajari membuat serat dari daun nanas, bermain game, dan menikmati buah dan es sari nanas. Pengunjung juga mendapat bingkisan olahan sale nanas,” ujarnya, Sabtu (10/12/2022).

Puji berharap, potensi unggulan Desa Pedawang ini dapat terus berkembang dan lebih dikenal masyarakat luas, atas potensi wisata kebun nanas yang tengah dirintis tersebut.

Meski belum lama dibuka, tetapi tempat berpelesir satu ini menjadi magnet tersendiri bagi pelajar.

Seperti terpantau hari ini, sebanyak puluhan anak-anak SDIT Al Islamiyah Karangbener nampak antusias melihat agro wisata sekaligus wisata edukasi kebun nanas nusantara.

Guru SDIT Al Islamiyah Karangbener, Nurul Khasanah mengaku sengaja mengajak anak didiknya untuk berwisata di lokasi. Tujuannya, agar siswanya belajar dan mengetahui jenis-jenis nanas.

Baca Juga :   Argowisata Jadi Potensi Menjajikan di Negara Agraris

Terlebih, di kawasan Pantura Timur Jawa Tengah, baru kali pertama ada kebun nanas dari berbagai daerah ditanam di satu lokasi.

“Kegiatan ini untuk mengisi outing kelas mengisi aktivitas akhir semester. Tadi anak-anak diajak menanam, terus melihat beraneka ragam buah nanas,” kata Nurul Khasanah.

Menurutnya, anak-anak mengaku senang dapat bermain dan wisata edukasi di kebun nanas. Selain itu, wisatawan melihat produk turunan dari buah nanas, yang belum diketahui masyarakat banyak.

“Tadi anak-anak juga dilihatkan proses buat serat nanas dari daunnya. Tadi kulit nanas juga dimanfaatkan untuk minuman, rasanya juga enak,” tuturnya.

Siswi SDIT Al Islamiyah Karangbener, Latifah Marja Rahman mengaku, senang dapat berwisata edukasi di kebun nanas. Ia menyebutkan baru pertama kalinya melihat perkebunan nanas.

“Senang sekali, tadi diajak menanam nanas juga makan nanas. Rasanya enak, manis nanasnya,” tuturnya polos.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.