KKP Ungkapkan Pentingnya Mitigasi Hama Penyakit Ikan

oleh -57 views
Pentingnya Mitigasi Hama Penyakit Ikan 4
Foto : Dok. KKP

Panennews.com – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengingatkan pentingnya mitigasi hama dan penyakit ikan khususnya pada komoditas-komoditas prioritas budidaya seperti udang, rumput laut, dan lainnya.

“Dari sisi kami, tentu memberikan dukungan dari sisi quality assurance untuk mencegah adanya hama dan penyakit ikan,”.Ungkap Kepala Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM), Pamuji Lestari saat memberikan kuliah umum di Universitas Sumatera Utara (USU), Medan, Selasa (06/12/2022).

Sosok yang akrab disapa Tari ini pun memaparkan penyakit udang bisa berampak pada penurunan laju pertumbuhan produksi. Hal ini pun pernah terjadi di Asia dan Dunia seperti pada 2006 silam yang turut menyebabkan kerugian ekonomi.

Bahkan Negeri Jiran juga pernah mengalami kerugian mencapai USD100 juta akibat merebaknya virus APHND pada tahun 2011. Kemudian di Thailand pada 2011-2016 yang juga memicu kerugian ekonomi mencapai USD7,4 miliar.

Baca Juga :   Koperasi KKP Produksi Ikan Kaleng Cita Rasa Nusantara

“Belum lagi ditambah kerugian ekspor USD4,2 miliar yang dialami Thailand,” sambungnya.

Merujuk pada persoalan tersebut, Tari mengungkapkan Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono telah memerintahkan BKIPM sebagai quality assurance produk hasil perikanan mulai hulu-hilir. Dikatakannya, BKIPM juga harus menjamin produk hasil perikanan sejak ikan dibudidayakan untuk produk perikanan budidaya dan sejak ikan ditangkap diatas kapal untuk produk perikanan tangkap.

“Tentu ini sejalan dengan semangat Pak Menteri Trenggono terkait program ekonomi biru atau penggunaan sumber daya laut secara berkelanjutan untuk pertumbuhan ekonomi, peningkatan lapangan pekerjaan dan kesejahteraan umat manusia, dan  secara simultan menjaga kesehatan serta keberlanjutan ekosistem laut,” tuturnya.

Dalam kesempatan ini, Tari mengajak para mahasiswa untuk turut ambil bagian dalam pembangunan ekonomi sektor kelautan dan perikanan. Salah satu peluang yang bisa dioptimalkan yakni pemanfaatan bioteknologi kelautan Indonesia yang saat ini masih sangat rendah atau baru 10% dari total potensinya.

Baca Juga :   Pari Jawa Punah, Ahli Perikanan UNAIR Soroti Pentingnya Pengelolaan

“Banyak produk industri bioteknologi kelautan yang bahan baku (raw materials) nya dari Indonesia diekspor ke negara lain, namun negara pengimpor memprosesnya menjadi beragam produk akhir (finished products) seperti farmasi, kosmetik, dan healthy food and bevareges lalu diekspor ke Indonesia. Contohnya gamat, squalence, colagen, minyak ikan, dan Omega-3,” katanya.

Selain itu, Tari melakukan penandatanganan kesepakatan bersama antara BKIPM dengan USU serta perjanjian kerja sama antara BKIPM Medan I dengan Fakultas MIPA USU untuk mendukung implementasi dari  Sistem Kesehatan Ikan, serta Jaminan Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (SJMKHP).

“Dukungan terhadap program nasional pemerintah yang terkait dengan tugas dan fungsi BKIPM dan Fakultas MIPA USU; Transfer knowledge dan transfer experience antara instansi berbasis Pendidikan dengan instansi pelayanan publik dalam rangka optimalisasi tugas dan fungsi demi kesejahteraan masyarakat,”. Tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.