Daun Kenikir, Sayuran Hijau Lezat Sebagai Lalapan

oleh -725 views
A leaf of a cosmos flower or green kenikir isolated on a white background
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Daun kenikir merupakan salah satu jenis tanaman sayur yang kerap tumbuh pada wilayah iklim tropis. Jenis sayur tersebut biasanya dapat tumbuh secara liar maupun dibudidayakan.

Daun tersebut mempunyai nama Latin Cosmos Caudatus yang masih termasuk dalam suku famili dari Asteraceae. Daun ini cukup populer keberadaannya sebagai sayur-sayuran.

Secara morfologi, daun tersebut berasal dari tanaman kenikir yang dapat tumbuh dengan tingginya mencapai kisaran antara 2 – 5 meter, biasanya tanaman tersebut mempunyai batang berwarna coklat cenderung terang. Adapun batangnya memiliki ranting dalam jumlah yang berkisar antara 7 – 10 ranting, biasanya ranting tersebut ditumbuhi daun kenikir secara berhadap-hadapan dan tumbuh juga secara berseling.

Baca Juga :   Tanaman Lawang, Dengan Bunganya Berciri Delapan Kelopak

Selain itu, daun kenikir ini juga memiliki sifat yang majemuk berbentuk bongkol dan tumbuh secara bersilang, biasanya daun kenikir ini mempunyai ukuran panjang yang berkisar antara 10 – 25 cm. Adapun warna dari daun kenikir ini yaitu hijau cenderung terang pada daun mudanya, sedangkan daun beranjak tua terdapat warna hijau kegelapan.

Sementara itu, daun tersebut cukup populer keberadaannya sebagai sayur-sayuran, karena memiliki cita rasa yang cenderung lezat untuk menjadi campuran kudapan. Selain lezat, daun hijau ini juga mengandung berbagai macam nutrisi dan juga vitamin yang cukup banyak untuk memenuhi kebutuhan gizi seseorang. Lebih lanjut, oleh karena itu biasanya sebagian masyarakat menjadikan daun tersebut sebagai lalapan untuk campuran santapannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.