Cara Mudah Budidaya Kerang Hijau Dengan Metode Tancap

oleh -18 views
istockphoto-1370125530-612x612
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Kerang hijau merupakan salah satu kudapan lezat yang saat ini menjadi favorit kudapan masyarakat Indonesia. Biasanya kerang tersebut dapat kita temukan pada campuran seafood maupun pedagang-pedagang ikan kaki lima.

Mempunyai cita rasa yang lezat itu menjadi salah satu alasan masyarakat banyak meminati kerang tersebut. Oleh karena itu, kerang hijau pun saat ini banyak dibudidayakan. Namun, cara budidaya tersebut banyak orang yang tidak mengetahuinya, adapun ketahuilah budidaya kerang denga metode tancap ini.

Siapkan Bibit

Cara pertama yaitu dengan menyiapkan bibit kerang, agar hasilnya baik maka pilihlah bibit dengan berkualitas baik. Selain itu, bibit yang akan dibudidayakan juga haruslah mempunyai keunggulan tersendiri, agar nantinya hasil akan maksimal dan panennya pun tergolong cepat.

Baca Juga :   Tata Ruang Laut Berbasis Ekonomi Biru, Strategi Jitu Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Pesisir

Letakan Bibit Di Kolam Tancap

Setelah menyiapkan bibit maka cara selanjutnya yaitu dengan meletakan bibit di kolam tancap, biasanya kolam tersebut dilengkapi bambu tancap sebagai alat pemisahnya. Hal ini dilakukan agar produktivitas kerang hijau berjalan dengan baik, sehingga akan menghasilkan kerang unggul.

Perawatan

Perawatan pada kerang harus dilakukan dan dipantau habitat kolam secara intens, biasanya perawatan tersebut dilakukan dengan cara membersihkan kolam agar terhindar dari serangan penyakit. Selain itu, berikan kerang vitamin agar lebih bernutrisi lagi, lakukan hal ini hingga mencapai kisaran waktu antara 6 – 7 bulan hingga berkembang biak.

Baca Juga :   Fakta Unik Mola-Mola, Spesies Ikan Penghuni Lautan

Proses Panen

Setelah perawatan hingga berkembang biak, kini tibalah masa panen. Biasanya masa panen dapat dilakukan jika kerang dapat berusia berkisar antara 8 – 10 bulan lamanya, masa panen tersebut ditandai dengan kerang hijau akan rontok pada tali bambu tancapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.