Tips Mudah Menjaga Kebersihan Kolam Ikan Hias

oleh -29 views
pexels-photo-8112877
Foto : Pexels

Panennews.com – Kolam merupakan salah satu habitat ikan hias yang harus dijaga kebersihannya secara berkala. Dengan begitu, ikan hias akan tetap sehat dan juga terhindar dari serangan jenis penyakit.

Banyak dari kalangan masyarakat yang enggan untuk menjaga kebersihan pada kolam ikan hias. Pasalnya, karena tidak mengetahui bagaimana tips mudah dalam menjaga kebersihan kolam tersebut. Adapun dengan beberapa tips ini dipercayai dapat memudahkan untuk menjaga kebersihan kolam ikan hias.

Jaga Kualitas Air

Tips pertama dalam menjaga kebersihan kolam yaitu dengan menjaga kualitas air pada kolam, biasanya kualitas air dapat disesuaikan pada pH air yang cenderung normal agar terhindar dari air yang keruh. Selain itu, jaga air kolam tersebut agar terhindar dari daun-daun berjatuhan dan juga sampah lainnya agar tetap menjaga kualitas air tetap bersih dan juga jernih.

Baca Juga :   Sangat Menggiurkan, Ketahui Keuntungan Budidaya Ikan Nila

Bersihkan Pinggiran Kolam

Biasanya pinggiran kolam akan dihuni oleh lumut yang akan menganggu produktivitas ikan hias, tentunya hal ini akan membuat kolam lebih kotor. Adapun bersihkan pinggiran kolam yang terdapat lumut tersebut dengan menggunakan alat pembersih. Selain itu, lakukanlah pembersihan ini secara berkala dalam jangka waktu yang berkisar antara 2 minggu sekali untuk hasil yang lebih maksimal.

Pilih Filter Air Yang Tepat

Tips selanjutnya yaitu dengan memilih filter air yang tepat, biasanya dengan menggunakan filter air tersebut dapat menyaring kotoran pada kolam ikan hias. Selain itu, filter air juga dapat bermanfaat untuk menciptakan air yang jernih dan juga bersih, tentunya hal tersebut dapat menjaga kebersihan kolam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.