Stigi, Pohon Tinggi Hutan Mangrove

oleh -277 views
coastline-4884054__340
Foto : Pixabay

Panennews.com – Pohon stigi merupakan salah satu tanaman perdu yang umumnya banyak ditemukan pada daerah pantai pesisir. Biasanya jenis pohon yang satu ini dapat tumbuh tinggi pada habitat aslinya.

Pohon tersebut mempunyai nama Ilmiah Lythrum Phempis Acidula yang masih termasuk dalam famili Lythraceae. Oleh sebagian orang jenis pohon ini juga banyak dikenal dengan sebutan Mentigi, Setigi, dan juga Santigi.

Secara morfologi, pohon stigi dapat tumbuh tinggi yang bisa mencapai kisaran antara 4 – 7 meter dengan batang cenderung berkelok dan percabangannya tidak teratur. Batangnya tersebut memiliki warna coklat cenderung tua dan mempunyai sisik-sisik kasar pada permukaannya, adapun biasanya batangnya ini memiliki lebar berdiameter 10 cm.

Baca Juga :   Pohon Jati Kaya Manfaat Untuk Furniture

Selain itu, pohon ini juga terdapat daun tunggal yang tumbuh secara bersilangan, biasanya daun tersebut berbentuk elips cenderung lonjong dengan ukuran panjang berkisar antara 1 – 3 cm. Adapun jika musim pendingin bunganya didapati bunga yang cenderung indah berwarna putih dengan dilengkapi mahkota yang terdiri dari 6 kuntum, biasanya bunga tersebut memiliki aroma cenderung khas jika dicium.

Sementara itu, habitat asli dari pohon ini biasanya tumbuh pada pesisir pantai, hutan-hutan tropis, maupun area sungai maupun persawahan. Namun, saat ini jenis pohon stigi juga dapat tumbuh pada wilayah hutan mangrove dengan tanah berpasir dan memiliki bentuknya yang cenderung jauh lebih panjang dibandingkan stigi yang tumbuh ditempat lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.