Pemkot Kupang Kaji Pengembangan Bisnis Ikan Lele Untuk Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

oleh -60 views
Penjabat Walikota Kupang George Hadjoh
Penjabat Walikota Kupang, George Hadjoh, saat membukan Seminar akhir, Kajian Akhir Bisnis Ikan Lele di Kupang (Panennews.com/Sony )

Panennews.com – Salah satu program pemerintah Kota Kupang untuk meningkatkan ekonomi masyarakat adalah bisnis ikan lele. Karena itu pengembangan program ini akan didukung dan ditingkatkan. Ini sebelumnya Pemkot pernah memberikan stimulan berupa benih ikan lele beserta pakannya kepada masyarakat.

“Pengembangan bisnis ikan lele ini akan kami upayakan pada setiap warga pada setiap Kelurahan yang ada di Kota Kupang. Para pemuda akan dilibatkan. Selain karena mudah dikerjakan juga kebutuhan modalnya juga bisa dijangkau. Kami dari Pemkot tentu akan memberikan stimulan ,” kata Penjabat Walikota Kupang, George Hadjoh saat membuka Seminar akhir, Kajian Akhir Bisnis Ikan Lele di Kupang (24/11/2022)

Dari sisi kesehatan jelas George, tepung ikan lele juga bisa digunakan sebagai pangan yang sangat membantu dalam melawan stunting. Karena itu lanjut George dalam upaya pengembangan bisnis ikan lele ini pihaknya juga akan berkolaborasi dengan urban farming yang bertujuan untuk menekan inflasi yang terjadi di Kota Kupang.

Baca Juga :   Tips Memulai Bisnis Bibit Tanaman Agar Untung Maksimal

“Ada manfaat lain dari bisnis ikan lele ini. Dalam penanganan program ini kami juga akan berkolaborasi dengan instansi terkat,Urban Farming antaranya untuk menekan inflasi. Ini karena tepung ikan lele akan digunakan sebagai pangan yang akan sangat membantu dalam melawan stunting ,” jelas George.

Sementara itu Dr. Aris Widagdo, A.Pi, M.Si, selaku narasumber dalam seminar tersebut mengungkapkan dari 66 responden pembudidaya lele, hanya 17 responden berlanjut sebagai pembudidaya ikan lele.

“Sesuai hasil kajian kami, ditemukan beberapa kelemahan yang menyebabkan rendahnya pembudidaya ikan lele yang berkelanjutan. Seperti belum memiliki keahlian dan keterampilan yang memadai, skala kecil budidaya ikan lele dan pemula. Ini karena permodalan usaha budidaya ikan lele Kota Kupang masih mengandalkan keuangan pribadi. Karena itu dibutuhkan kepedulian pemerintah ,” kata Dr. Aris Widagdo, A.Pi, M.Si.

Baca Juga :   Jenis-Jenis Ikan Hias Neon Tetra, Cantik Dan Mudah Dipelihara

Lebih lanjut Dr. Aris merekomendasikan untuk melawan kekurangan dan tantangan yang dihadapi, para pembudidaya lele perlu diberikan pelatihan budidaya ikan lele. Mulai dari pembenihan, pendederan dan pembesaran.

Selain itu ada pelatihan pembuatan pakan alami yang unggul, pelatihan analisa usaha budidaya ikan lele, juga untuk memastikan terbukanya pasar untuk penjualan ikan lele seperti promosi gerakan makan ikan lele, pencegahan stunting dengan makan ikan lele untuk ibu hamil.

“Karena itu kami sangat mengharapkan dukungan Pemkot Kupang untuk mengembangkan bisnis ikan lele ini. Kami harapkan adanya konsep pinjaman permodalan murah dari Pemkot. Ini bisa menarik pemuda yang belum bekerja untuk menjadi pembudidaya lele ,” harap Dr. Aris.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.