Meranti, Pohon Hutan Tropis Penghasil Kayu Berkualitas

oleh -179 views
istockphoto-480740110-612x612
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Pohon meranti merupakan salah satu jenis pohon yang biasanya kerap menghiasi hutan-hutan tropis. Biasanya jenis pohon yang satu ini sebagian besar tersebar pada kawasan dataran rendah Asia.

Pohon tersebut mempunyai nama Ilmiah Shorea yang masih termasuk dalam anggota suku Dipterocarpaceae. Di Indonesia, jenis pohon ini banyak di jumpai pada hutan Kalimantan dengan jumlah 91 spesies yang bersifat endemik.

Secara morfologi, pohon meranti dapat tumbuh hingga mencapai tinggi berkisar antara 88,3 meter dengan batangnya berwarna coklat cenderung tua. Adapun ukuran diameter batangnya berkisar antara 100 cm dengan cabang batangnya cenderung bersifat bebas, biasanya batangnya tersebut dapat dijadikan bibit untuknya berkembang biak.

Baca Juga :   Mengenal Pohon Kauri, Dari Ciri Hingga Habitatnya

Selain itu, pohon ini juga dilengkapi dengan daunnya yang bersifat tunggal dengan tumbuh secara berseling diantara ranting dan batangnya, biasanya permukaan daun tersebut mepunyai tepian rata dan pertulangan yang menyirip. Adapun pohon ini juga terdapat bunga yang muncul disaat musim penghujan, bunganya tersebut biasanya bersifat tunggal dengan mahkota berjumlah 5 helai.

Sementara itu, jenis pohon yang satu ini dikenal dengan jenis pohon yang mempunyai nilai ekonominya cukup tinggi. Pasalnya, pohon tersebut dengan batangnya merupakan salah satu penghasil kayu berkualitas baik, sifat kayu dari meranti ini memiliki sifat yang mudah dibentuk, ringan, dan juga memiliki warna yang cerah, biasanya kayu tersebut dapat dimanfaatkan untuk dijadikan alat-alat rumah tangga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.