Mengenal Ikan Layang, Ciri-Ciri Dan Habitatnya

oleh -259 views
ikan
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Ikan layang merupakan salah satu spesies perikanan pelagis pulau kecil yang hidup pada permukaan laut. Biasanya ikan tersebut memiliki sifat bergerombol pada habitat asli dan juga pada habitat penyebarannya.

Ikan tersebut mempunyai nama Latin Decapterus Spp yang masih termasuk dalam famili Carangidae. Di Indonesia, ikan ini memiliki banyak jenis yang diantaranya Decapterus lajang, Decapterus Makrosoma, dan juga Decapterus Maruadsi.

Secara umum, ikan tersebut memiliki ciri-ciri bentuk tubuhnya yang cenderung panjang dengan ukuran berkisar antara 15 hingga 25 cm, tubuhnya tersebut dilengkapi sirip kecil dibelakang sirip punggung. Adapun pada bagian sirip belakang terdapat sisik beringin yang cenderung tebal, biasanya sirip tersebut memiliki garis-garis pada permukaannya.

Baca Juga :   Jadi Komoditas Utama, KKP Genjot Produksi Budidaya Ikan Nila

Selain itu, cirinya juga terdapat pada warnanya yang berwarna biru cenderung silver pada bagian punggungnya, sedangkan bagian perutnya terdapat warna perak cenderung terang. Namun, biasanya warna tersebut akan berubah jika ikan tersebut mengalami kematian dan mengalami pembusukan pada kematiannya, hal tersebut tentunya menjadi penyebab warnanya akan berubah.

Sementara itu, habitat asli dari ikan layang ini terdapat pada Samudera Atlantik bagian utara dan sebelah selatan. Meskipun begitu, saat ini penyebaran ikan tersebut pun dinilai cukup luas hingga menyebar diberbagai negara belahan dunia. Di Indonesia, penyebarannya terdapat pada Pulau Seribu, Pulau Kalimantan, Selat Makassar, Laut Bali, Banda Aceh, dan juga Laut Flores.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.