Mengenal Andaliman, Tumbuhan Rempah Endemik Indonesia

oleh -21 views
istockphoto-913375604-170667a
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Andaliman merupakan salah satu tumbuhan rempah umumnya digunakan untuk campuran bumbu masakan nusantara. Tumbuhan yang satu ini dapat tumbuh secara liar pada ketinggian 1.200 – 1.500 diatas permukaan laut.

Tumbuhan tersebut mempunyai nama Latin Zanthoxylum Acanthopodium Dc ini masih termasuk dalam famili Rutaceae. Biasanya famili tersebut banyak orang mengenalnya dengan sebutan keluarga jeruk-jerukan.

Secara morfologi, tumbuhan tersebut mempunyai bentuk tegak dengan tumbuh panjang berkisar antara 5 meter yang dilengkapi batangnya dipenuhi dengan duri-duri tajam. Adapun batangnya terdapat ranting panjang dengan ukuran ranting tersebut mencapai kisaran antara 60 cm, biasanya batang dan rantingnya dari tumbuhan ini berwarna coklat cenderung terang.

Baca Juga :   Paku Pedang, Tumbuhan Penghambat Polusi Udara

Selain itu, tumbuhan ini juga terdapat daun majemuk yang berbentuk bulat cenderung panjang. Biasanya daun tersebut berwarna hijau dibagian atasnya dan cenderung merah pada bagian bawahnya, adapun daun ini memiliki ukuran yang berkisar antara 10 – 15 cm dengan permukaan daunnya yang tergolong kasar dan memiliki guratan dibelakang daunnya.

Sementara itu, tumbuhan ini juga terdapat buah yang dinamakan buah andaliman dengan bentuk buah tersebut cenderung bulat kecil seperti merica, aroma yang dihasilkan dari buah ini pun cukup unik menyerupai wangi lemon dan memberikan rasa hangat pada bagian daging buahnya. Biasanya banyak dari kalangan masyarakat memanfaatkan buahnya sebagai bumbu campuran masakan, karena dinilai memiliki aroma yang cenderung khas dari buah rempah endemik ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.