Marmot Tanah, Hewan Dengan Habitatnya Di Pegunungan

oleh -372 views
groundhog-1891621__340
Foto : Pixabay

Panennews.com – Marmot tanah merupakan salah satu hewan jenis pengerat atau jenis hewan herbivora yang menyukai tumbuh-tumbuhan. Jenis hewan ini biasanya mengkonsumsi rumput-rumput, akar pohon, maupun buah-buahan.

Hewan tersebut mempunyai nama Ilmiah Marmota Monax yang termasuk dalam genus Marmot. Di sisi lain, hewan ini juga sering disebut oleh kebanyakan orang dengan sebutan tikut gunung.

Secara umum, marmot tanah mempunyai bentuk tubuh kecil, pendek, dan juga kerdil namun cenderung panjang yang memiliki ukuran berkisar antara 46 – 66 cm, permukaan tubuhnya dilengkapi bulu-bulu halus dan tumbuh secara lebat. Biasanya dari ukuran panjang marmut tersebut memiliki berat tubuh berkisar antara 2 – 7 kilogram, adapun warna umum dari jenis hewan ini mempunyai warna coklat cenderung putih.

Baca Juga :   Jaga Populasi Satwa, KLHK Lepasliarkan 4 Individu Satwa

Selain itu, marmot tanah juga mempunyai kaki dan ekornya yang cenderung lebih pendek dari jenis marmot lainnya, kakinya tersebut dilengkapi dengan cakar tajam. Biasanya cakar tajam tersebut dapat digunakan marmot untuk mencengkram mangsanya atau mengelabui musuh-musuhnya, adapun kaki marmut yang mempunyai cakar juga dapat digunakan untuk lari dan berjalan secara cepat.

Sementara itu, habitat dari jenis marmot ini dapat ditemukan dan dijumpai pada daerah dataran tinggi seperti perbukitan, tepi hutan, maupun padang rumput dengan intensitas pohon yang cenderung banyak dan juga lebat. Namun, kebanyakan habitat dari marmot ini sering dapat ditemukan pada daerah pegunungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.