KKP Lepas Ekspor Rumput Laut Dan Ikan Tuna Segar

oleh -63 views
Lepas_Ekspor_Perdana_50_Ton_1
Foto : Dok. KKP

Panennews.com – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melepas ekspor 50 ton rumput laut kering dan 1 ton tuna segar berhasil dari Mataram, Nusa Tenggara Barat. KKP menyebut bahwa sejumlah keberhasilan ekspor dari berbagai provinsi tak terlepas dari perbaikan layanan quality assurance.

“Layanan kami selalu siap, termasuk akhir pekan. Ini kita buktikan melalui pelepasan ekspor perdana rumput laut kering tujuan China dan tuna segar tujuan Singapura di hari Sabtu,”. Ungkap Kepala Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (Balai KIPM) Mataram, Obing Hobir As’ari di Mataram, Senin (14/11/2022).

Baca Juga :   Menteri Trenggono Pastikan Kebijakan PIT Utamakan Nelayan

Obing mengatakan rumput laut kering tersebut merupakan ekspor perdana PT. Razindo Global Nusantara. Mereka bisa ekspor karena sebelumnya telah mendapatkan pendampingan hingga mendapatkan sertifikat hazard analysis and critical control poin. Hal yang sama juga pada produk tuna beku milik CV.Anugrah Sahhied.

“Dua-duanya pelaku usaha yang ekspor perdana, kami dampingi dari sisi quality assurance agar produk mereka tidak mendapat penolakan,”. Ungkap Obing.

Selain itu, Obing juga menyebut kegiatan ini sebagai partisipasi KKP pada Selebrasi UMKM Ekspor dan Pariwisata. Dimana BKIPM Mataram bekerjasama dengan Bank Indonesia melalui  Genjot Ekspor NTB khususnya produk perikanan yang dicanangkan oleh Gubernur NTB dan Dinas Terkait di Provinsi NTB.

Baca Juga :   Kementrian Bidang Kemaritiman dan Investasi di Pimpin oleh Menko Luhut Binsar Pandjaitan

“Kami komitmen dalam percepatan pemulihan ekonomi nasional, dan sesuai tusi kami, kami akan memudahkan kegiatan ekspor bagi pelaku usaha,” tutup Obing.

Lebih lanjut, pelepasan ekspor perdana senilai Rp2,3 miliar ini dihadiri Deputi Gubernur Bank Indonesia Doni P Joewono, Anggota Komisi XI DPR RI Wartiah, Perwakilan Gubernur NTB, Bupati Lombok Utara, Lombok Barat, Lombok Timur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.