Ketahui Penyakit Tanaman Hias, Begini Cara Mengatasinya

oleh -21 views
Detail of affected leaf
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Memelihara dan menanam tanaman hias saat ini tengah populer dikalangan banyak masyarakat. Pasalnya, tanaman hias tersebut bisa mengatasi stres karena memiliki tampilan yang cukup indah terlebih lagi pada bentuk dan warnanya.

Namun, jika tanaman hias terserang berbagai macam penyakit tentunya tanaman tersebut tidak lagi memiliki tampilan indah bahkan bisa mati. Oleh karena itu, ketahuilah berbagai macam jenis penyakit yang menyerang tanaman hias berikut cara mengatasinya.

Busuk Daun

Jenis penyakit ini biasanya menyerang tanaman hias pada daunnya, sehingga menyebabkan daun menjadi busuk. Selain itu, daun tersebut juga akan muncul bercak-bercak putih yang menyebabkan daun gugur bahkan hal tersebut bisa menyebabkan tanaman hias mati. Adapun cara mengatasinya dengan menyemprotkan fungisida pada sekitar daun, batang, hingga mencapai akarnya.

Baca Juga :   Ekor Kucing, Tanaman Hias Bermanfaat Herbal

Bercak Hitam

Jenis penyakit yang satu ini dapat menyerang tanaman hias yang disebabkan oleh infeksi jamur karena lingkungan lembab dan suhu udara dingin, biasanya penyakit ini dapat menyerang daun indahnya menjadi hitam. Selain itu, jenis penyakit ini juga kerap menyerang pada ranting hingga akarnya menjadi busuk. Adapun cara mengatasi penyakit ini yaitu dengan menjemurnya dibawah terik matahari secara intensif, sehingga kelembabannya akan hilang akibat dari sinar tersebut.

Pembengkakan Akar

Penyakit tanaman hias selanjutnya yaitu pembengkakan terhadap akarnya, biasanya penyakit tersebut ditandai oleh akar yang membesar atau yang biasa disebut dengan pembengkakan sehingga dapat menganggu produktivitas tanaman hias. Adapun cara mengatasinya yaitu dengan menyiram akar secara teratur dan berkala.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.