Ketahui Kandang Ideal Untuk Hewan Ternak Ayam

oleh -14 views
Ilustrasi Ayam Broiler Foto pinterest
Ilustrasi Ayam Broiler - Foto : pinterest

Panennews.com – Kandang merupakan salah satu habitat atau tempat yang tergolong penting dalam memelihara hewan ternak terlebih lagi berupa hewan ternak ayam. Kandang pun sangat pengaruh dalam menjaga produktivitas dan tumbuh kembang hewan ternak.

Oleh karena itu, kandang pada hewan ternak harus diperhatikan secara detail yang dimulai dari ukurannya, bahan kandangnya, maupun kebersihan kandangnya. Dengan kandangnya yang selalu diperhatikan, maka hewan ternak akan terasa nyaman dalam kandang, sehingga dapat membantu produktivitas hewan ternak.

Secara umum, kandang ayam memiliki kriteria ideal yang luasnya berukuran kisaran antara 2,5 meter dengan tinggi mencapai 4 hingga 8 meter. Namun, ukuran kandang tersebut dapat disesuai dengan jumlah ayam yang dimiliki peternak, ukuran tersebut diatas hanya gambaran saja dan biasanya ukuran diatas hanya cukup ditempatkan oleh ayam 8 – 10 ekor.

Baca Juga :   Bekisar, Ayam Hasil Persilangan yang Indah

Selain itu, kandang yang disebut ideal juga menggunakan bahan dasar bambu-bambu maupun kayu-kayu dengan ketahanannya cenderung kuat, hal tersebut karena dinilai mudah dalam menjaga sirkulasi udara pada dalam kandang. Adapun pada kandang idealnya juga terdapat tempat makan secara khusus didepan ayam itu sendiri, sehingga tidak akan terjadi perebutan makanan antara ayam satu dengan ayam lainnya dan juga hal tersebut tidak membuat kandang kotor.

Sementara itu, kandang hewan ternak ayam ideal selanjutnya yaitu pada lantainya terbuat dari tanah untuk memudahkan pembersihan kotoran-kotoran ayam yang menempel, biasanya pada lantai tanah tersebut kotoran ayam dapat mudah dibersihkan dan tentunya sangat mudah untuk menjaga kebersihan lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.