Ketahui Faktor Penyebab Kematian Massal Pada Ikan Hias

oleh -82 views
pexels-photo-1310776
Foto : Pexels

Panennews.com – Ikan hias saat ini tengah populer keberadaannya dan paling banyak diminati oleh kalangan masyarakat luas terlebih lagi pecinta ikan hias. Pasalnya, memelihara ikan hias tersebut dinilai dapat menghilangkan kebosanan dan juga sangat menarik dengan keindahan ikan hias ini.

Namun, saat ini juga dalam memelihara ikan hias banyak dari kalangan masyarakat tengah mengeluh akibat ikan hias mati mendadak dalam jumlah yang banyak atau yang biasa disebut dengan kematian massal. Hal tersebut tentunya disebabkan oleh beberapa faktor yang jarang diketahui, adapun faktor tersebut diantaranya.

Baca Juga :   Karantina Pastikan Aman, Ikan Beku Asal Jaktim Siap Jadi Sushi

Keracunan Bahan Kimia

Air pada habitat ikan hias, jika tercampur oleh bahan kimia tentunya sangat menganggu produktivitas ikan tersebut. Pasalnya, bahan kimia mengandung zat-zat yang berbahaya bagi tumbuh kembangnya ikan. Selain itu, zat tersebut juga dapat membuat ikan hias terganggu dan terlebih lagi dapat menyebabkan kematian massal pada ikan tersebut.

Terserang Penyakit

Faktor yang satu ini memang sudah paling umum. Pasalnya, ikan yang terserang penyakit juga dapat menyebabkan kematian secara massal. Selain itu, ikan yang terserang penyakit juga dapat menularkan dari jenis satu ke jenis yang lainnya, sehingga hal tersebut dapat menyebabkan kematian massal. Biasanya ikan dapat terserang jenis penyakit seperti gangguan pencernaan dan virus berbahaya.

Baca Juga :   Jenis-Jenis Ikan Hias Neon Tetra, Cantik Dan Mudah Dipelihara

Filter Air Rusak

Kematian massal pada ikan hias juga disebabkan oleh filter air yang tergolong rusak. Pasalnya, filter yang rusak akan menghambat penyaringan udara kotor yang tentunya akan membuat air terkontaminasi oleh kotoran-kotoran tersebut. Hal ini dapat menyebabkan ikan hias mati secara keseluruhan, karena air yang cenderung kotor dan tidak disaring sebagaimana biasanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.