Kenali Khasiat Daun Ketapang Untuk Ikan Hias Cupang

oleh -44 views
istockphoto-1263865072-170667a
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Bagi anda yang mempunyai hobi memelihara ikan cupang tentunya sudah tidak asing lagi dengan daun Ketapang. Daun yang satu ini oleh sebagian orang sering disebut dengan daun ajaib.

Dengan demikian, tidak sedikit pemelihara ikan cupang banyak yang memasukkan daun ketapang dalam habitat ikan cupang mereka. Hal tersebut karena ketapang dipercayai memberikan khasiat bagi ikan cupang, khasiat tersebut diantaranya.

Ikan Lebih Sehat

Daun ketapang dipercayai memiliki kandungan sifat anti parasit, anti bakteri, dan juga anti jamur, dengan kandungan sifat tersebut dapat menjaga produktivitas ikan cupang. Selain itu, kandungan anti bakteri juga dapat dipercayai untuk mencegah penyakit masuk ke dalam tubuh ikan, sehingga ikan cupang dengan daun ketapang terbilang membuat ikan lebih sehat.

Baca Juga :   Ada Banyak Nutrisi Lho Dari Mengkonsumsi Kepiting

Kulit Ikan Cerah

Khasiat selanjutnya dari daun ketapang untuk ikan cupang yaitu membuat kulit ikan lebih cerah bersinar. Pasalnya, daun ketapang memiliki kandungan senyawa antibiotik yang bermanfaat bagi tubuh ikan dan dinilai mampu menjaga warna dan kulit ikan cupang tersebut. Selain itu, daun ketapang juga mempunyai kandungan zat tanin yang dipercayai dapat menutrisi kulit ikan agar lebih cerah.

Menjaga Kualitas Air

Daun ketapang jika dimasukkan dalam kolam ikan cupang perlahan-lahan akan hancur, namun hancurnya tersebut dapat melepaskan kandungan senyawa tannin dan saponin yang akan merubah kualitas air. Selain itu, ketika senyawa itu dilepaskan oleh daun ketapang, maka pH airnya akan menurun sehingga air itu lebih cocok dan ideal untuk ikan cupang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.