Kenali Kambing Kacang, Dari Ciri Hingga Keunggulannya

oleh -43 views
big-european-moufflon-forest-wild-animal-nature-habitat-czech-republic_475641-494
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Kambing kacang merupakan salah satu hewan jenis kambing lokal Indonesia yang cukup prospektif dan produktif diantara jenis kambing lainnya. Jenis kambing yang satu ini tersebar luas hampir di seluruh penjuru Indonesia.

Kambing tersebut mempunyai nama Ilmiah Capra Aegagrus Hircus ini termasuk dalam Genus Capra. Jenis kambing ini memiliki ciri dan keunggulannya yang berbeda diantara jenis kambing lainnya.

Secara umum, kambing kacang memiliki ciri-ciri dari bentuk tubuhnya yang cenderung kecil dengan kepalanya juga kecil. Berat dari tubuh kambing ini pun tergolong ideal yang beratnya per ekor berkisar antara 25 kilogram terdapat pada jenis kambing anak-anak, adapun kambing dewasa dapat memiliki bobot berkisar antara 30 – 35 kilogram.

Baca Juga :   Bikin Gacor, Ini Dia Pakan Terbaik Burung Love Bird

Selain itu, disekitar tubuhnya juga dilengkapi dengan bulu yang cenderung halus, biasanya bulu tersebut dapat tumbuh lebat disekitar permukaan tubuhnya. Adapun warna bulu yang umum dimiliki oleh jenis ini yaitu hitam, coklat, dan putih. Biasanya ciri-cirinya juga terletak pada bagian tanduknya yang berjumlah 2 pada kanan dan kirinya, adapun ukuran tanduk tersebut bisa mencapai ukuran berkisar antara 10 cm.

Sementara itu, terlepas dari ciri-ciri kambing kacang tersebut, jenis kambing ini pun memiliki keunggulan yang diantaranya harga cukup terjangkau, rasa daging jika diolah cukup enak dan lezat, jika untuk dibudidayakan dan diternak jenis kambing ini pun mudah dalam perawatannya, serta terlebih lagi pakannya yang cukup terjangkau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.