Kementan Beri Bantuan Bibit dan Pupuk ke Petani Gunungkidul

oleh -16 views
bantuan bibit
Direktur Aneka Kacang dan Umbi Kementan saat memberi bantuan di Gunungkidul. Rabu, (30/11/2022) - (Panennews.com/Hernawan)

Panennews.com – Kementerian Pertanian memberikan bantuan bibit di Kabupaten Gunungkidul. Bantuan benih ini diminta untuk segera ditanam demi meningkatkan produktivitas petani.

Bantuan diserahkan oleh Direktur Aneka Kacang dan Umbi (Akabi) Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian, Yuris Tiyanto, kepada Kelompok Tani “Maju Makmur”, Padukuhan Warak, Kalurahan Girisekar, Kapanewon Panggang, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu (30/11/2022).

“Dimohon penanaman kali ini untuk dijadikan benih, jangan dikonsumsi,” kata Yuris kepada para petani dalam sambutannya.

Kelompok Tani Maju Makmur dibentuk sejak 2007. Para petani di kelompok ini menggarap total lahan seluas 213 hektar dengan komoditas berupa padi, jagung, kedelai, ubi kayu, dan holtikultura dan mengandalkan curah hujan.

Baca Juga :   Keunggulan Pupuk Kompos Untuk Jenis Tanaman Aglaonema

Bantuan yang diberikan Kementan berupa 500 kilogram bibit kedelai untuk lahan 10 hektar. Selain itu juga diberikan bantuan pupuk NPK 150 kilogram, pestisida 10 liter, dan Rhizobium 1500 gram.

Yuris menyatakan bantuan benih ini dapat segera ditanam. “Karena jika terlalu lama disimpan, benih akan rusak,” ujarnya.

Wakil Bupati Gunungkidul, Heri Susanto, yang menghadiri acara pemberian bantuan ini mengapresiasi bantuan bibit dan pupuk dari Kementan. “Semoga petani terbantu dengan bantuan ini,” katanya.

Dengan bantuan ini, Heri berharap kesejahteraan warga dari sektor pertanian dapat meningkat.

Baca Juga :   Mengenal Kelapa Genjah Si Bibit Unggul

Selain itu, ia siap membantu untuk mengatasi kendala air dan alat pertanian yang dialami kelompok tani melalui koordinasi dengan Dinas Pertanian Kabupaten Gunungkidul dan Ditjen Pertanian Kementan.

“Koordinasi juga sangat diperlukan antara dinas dengan petani karena juga menentukan keberhasilan hasil dari pertanian,” ucapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.