Kemendag Permudah Akses Ekspor Buah Naga Dan Alpukat

oleh -12 views
OKmkd3Yn_album_image
Foto : Biro Humas Kemendag

Panennews.com – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan memastikan keberpihakan Pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan petani. Kementerian Perdagangan berkolaborasi dengan pemerintah daerah akan terus mengembangkan potensi daerah dan mempermudah akses ekspor buah alpukat dan buah naga agar bisa dipasarkan ke pasar global.

Hal ini ditegaskan Mendag Zulkifli Hasan saat berdialog dengan Paguyuban Petani Buah Naga (Panaba) di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur pada hari, Selasa (22/11/2022). Turut mendampingi Mendag Zulkifli Hasan, Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Veri Anggrijono.

“Potensi alpukat dan buah naga di Banyuwangi akan diperkuat secara nasional dan bisa mendunia. Diperlukan kolaborasi semua pihak dalam mendukung petani agar berkembang,”. Ungkap Mendag Zulkifli Hasan.

Baca Juga :   Pohon Quandong, Tumbuhan Liar Dengan Karakter Berkhasiat

Selain itu, Mendag Zulkifli Hasan mengungkapkan, bersama instansi lain yang terkait akan terus bekerja sama dalam melakukan fasilitasi untuk peningkatan akses pasar produk dalam negeri. Kemendag akan berkolaborasi antarinstansi dalam memberikan bantuan dalam meningkatkan industri olahan buah naga.

“Kemendag akan memfasilitasi produk petani agar dapat diekspor ke luar negeri karena kalau hanya mengandalkan pasar lokal harga produk petani bisa fluktuatif. Petani juga harus membuat perkumpulan agar industri agro semakin berkembang,”. Tutur Mendag Zulkifli hasan.

Sementara itu, Selepas dialog, Mendag Zulkifli Hasan melakukan pelepasan truk pengiriman buah alpukat dan buah naga. Truk tersebut akan melakukan pengiriman ke wilayah Surabaya, Jawa Timur dan Jakarta.

Baca Juga :   Kenal Lebih Dekat Dengan Bengkuang, Si Umbi Segar Khas Tropis

Lebih jauh, adapun Kabupaten Banyuwangi merupakan daerah pemasok buah naga terbesar di Indonesia. Wilayah di ujung Pulau Jawa ini memiliki lahan perkebunan buah naga sekitar 3.786 hektare dan mampu menghasilkan sekitar 82.544 ton per tahun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.