HCPS, SMAN 1 Tahunan Lepas Ribuan Burung, Ratusan Bibit Pohon Ditanam

oleh -97 views
sman 1 tahunan
Siswa SMA Negeri 1 Tahunan, Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah, membawa binatang dan tanaman kesayangan ke lingkungan sekolah. (Panennews.com/Ahmad Muharror)

Panennews.com – Sebanyak ribuan burung dilepasliarkan oleh siswa SMA Negeri 1 Tahunan, Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah, untuk memperingati Hari Cinta Puspa dan Satwa (HCPS).

Tidak sampai di situ, para pelajar juga nampak membawa binatang kesayangan dan tanaman hias dalam momen tersebut.

Sebelumnya, para siswa tersebut membeli aneka burung dari pedagang keliling. Seperti burung merpati, perkutut, kutilang, dan jenis burung lainnya.

Setelah terkumpul hingga seribu ekor, burung-burung tersebut kemudian dilepasliarkan secara serentak di halaman sekolah bersama para guru, Senin (28/11/2022). Pelepasan ini sebagai pengaplikasian pelestarian ekosistem.

Baca Juga :   Meski Tergolong Langka, Ketahui Ciri Hingga Habitat Asli Burung Bubut

Kepala SMA N 1 Tahunan, Ida Fitriningsih mengatakan, pelepasan seribu burung ini sebagai peringatan hari cinta puspa dan satwa nasional yang seharusnya diperingati setiap tanggal 5 November lalu.

Menurutnya, kegiatan ini bertujuan untuk mengajarkan siswa, agar lebih peduli kelestarian lingkungan, disamping meningkatkan kasih sayang kepada seluruh mahluk ciptaan Tuhan.

“Kami mengajari anak-anak agar cinta satwa dan tanaman. Juga kali ini dilepas ribuan burung di sekolah,” ujarnya selepas kegiatan.

Uniknya, para pelajar dan pengajar juga menggelar penghijauan di hutan sekolah yang terletak di kabupaten berjuluk Bumi Kartini. Sebanyak ratusan yang ditanam diharapkan mampu menjadikan suasana sekolah menjadi sejuk dan teduh.

Baca Juga :   Burung Manyar, Spesies Unggas Pemilik Kekreatifan Paling Tinggi

“Kita ingin di lingkungan sekolah ini ada banyak ekosistem burung. Sehingga akan terdengar suara suara burung di pagi hari. Juga dilakukan penanaman ini agar lingkungan lebih asri,” pungkas Ida.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.