Festival Ikan Asap dan Tingginya Konsumsi Ikan di Jepara

oleh -29 views
festival ikan jepara
Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta menyambangi ikan asap di Desa Bumiharjo, Kecamatan Keling, Rabu (30/11/2022). (Panennews.com/Istimewa)

Panennews.com – Forum Nelayan (Fonel) Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah, menghelat festival ikan asap di Desa Bumiharjo, Kecamatan Keling, pada Rabu (30/11/2022).

Even inipun menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan lokal maupun manca untuk sambang di kabupaten berjuluk Bumi Kartini.

Penjabat (Pj) Bupati Jepara, Edy Supriyanta mengatakan, festival ikan asap ini sebagai upaya untuk semakin meningkatkan konsumsi ikan di Kota Ukir.

Edy mengungkapkan, konsumsi ikan di Kabupaten Jepara telah mencapai angka 32,7 kg per kapita per tahun. Jumlah ini, melebihi angka konsumsi ikan di Provinsi Jawa Tengah, yakni 32,64 kg per kapita per tahun.

Baca Juga :   GPM Di Jepara, Beras SPHP Dijual Dengan Harga Rp10,600 Per-Kilogram

Baginya, selisih 0,06 kg per kapita per tahun tersebut, sudah terbilang baik dan harus terus ditingkatkan.

Edy menjelaskan Jepara memiliki potensi besar dalam penyediaan bahan baku ikan laut segar, sehingga kebiasaan mengkonsumsi ikan perlu ditingkatkan sejak dini sebagai sumber protein.

“Jepara itu kaya akan hasil laut, dengan adanya festival ikan asap, saya harap dapat membantu menekan angka stunting di Kabupaten Jepara,” ujar Edy.

Tidak hanya pamer kekayaan laut, dalam even ini beragam inovasi turut ditawarkan. Edy berharap, inovasi yang dilakukan dapat meningkatkan nilai ekonomi produk perikanan, sehingga kesejahteraan nelayan meningkat dan kebutuhan gizi di Jepara tercukupi.

Baca Juga :   Sorgum, Komoditi Pertanian Perkuat Citra NTB Lumbung Pangan Nasional

“Inovasi yang dilakukan para ibu-ibu nelayan sudah cukup baik, ada baso ikan, nugget ikan. Ini bisa menarik minat anak-anak untuk gemar makan ikan,” tutur Edy.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.