Fakta Unik Belida, Ikan Endemik Yang Hampir Punah

oleh -159 views
Belida
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Bagi anda pecinta kudapan ikan konsumsi tentunya sudah tidak asing lagi dengan jenis ikan belida. Ikan yang satu ini merupakan salah satu jenis ikan endemik yang berhabitat alami pada sungai-sungai di Pulau Sumatera.

Oleh sebagian orang menilai ikan ini dengan ikan yang memiliki daging cenderung lezat, sehingga saat ini cocok diolah dan dijadikan kudapan. Meskipun begitu, ternyata ikan belida ini mempunyai fakta unik dibaliknya, adapun fakta unik dari jenis ikan tersebut diantaranya.

Cocok Jadi Ikan Hias

Selain jadi ikan konsumsi, ikan yang satu ini pun dinilai cocok untuk dipelihara sebagai ikan hias. Pasalnya, belida mempunyai bentuk tubuh cenderung unik, sehingga dinilai punya ciri khas tersendiri. Selain itu, warna tubuhnya juga memiliki keindahan tersendiri yaitu warna silver, perak, dan juga putih. Hal tersebut menjadi salah satu fakta unik dari ikan belida.

Baca Juga :   Ikan Cupang, Si Mungil yang Cantik dan Lincah

Maskot Pulau Sumatera

Ikan yang satu ini tersebar pada seluruh perairan Indonesia. Namun, hanya masyarakat Pulau Sumatera yang menjadikan ikan ini sebagai maskotnya. Biasanya pada daerah tersebut jenis ikan ini cenderung ramai menghiasi panggung-panggung kuliner dengan mengolahnya menjadi pempek ikan, siomay, maupun masakan nusantara lainnya. Selain itu, tekstur dagingnya yang empuk juga akan menambah selera dan juga cita rasanya lezat. Dengan demikian, ikan tersebut menjadi maskot pada daerah habitat aslinya.

Memiliki Banyak Warna

Fakta unik selanjutnya dari ikan belida yaitu memiliki banyak warna pada tubuhnya. Secara umum, kebanyakan jenis ikan belida memiliki bentuk warna pada tubuhnya yaitu perak dan silver. Namun, ada juga jenis ikan ini mempunyai warna hitam dan permukaannya yang bercak hitam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.